Peningkatan Kualitas Riset UIN Jambi gandeng LIPI Jakarta

Peningkatan Kualitas Riset UIN Jambi gandeng LIPI Jakarta

Humas.com : Berbagai upaya dalam  peningkatan kualitas riset pada UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi  diantaranya  melakukan penandatanganan kerjasama MoU dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI) Jakarta.

Penandatangan kontrak kerjasama bidang riset dengan LIPI berlangsung bersamaan pelaksanaan rapat kerja tahunan UIN STS Jamb bertemapat hotel lumire Jakarta, sabtu (25/1/2020)

MoU dua lembaga anatara LIPI dengan UIN STS Jambu   bertujuan  dalam peningkatan berbagai bidang  khususnya pada bidang penelitian dan riset. Menurut su’aidi sebagai rektor UIN STS Jambi menggandeng  LIPI karena merupakan lembaga yang mempunyai otoritas luas dalam kajian riset.

Sebelum MoU dilaksanakan semua peserta raker mendengar pemaparan materi terkait perkemabngan dan pemamfaatan riset di perguruan tinggi yang disampaikan oleh bapak Dr. Mego Pinandito. M.Eng (Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI Jakarta)

Dalam materi yang disampaikannya  Pemamfaatan Riset saat ini akan mendorong peningkatan pemamfaatan sumber daya dan potensi daerah, membangun senergiritas berbagai bidang dan sector keilmuan yang akan menjadi terobosan baru, meningkatkan kemampuan iptek masyarakat , peningkatan nilai tambah produk , pembangunan infrastruktur fisik di daerah yang besar.

Kegiatan riset yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi diharapkan menjadi pemecah masalah problem masyarakat, sehingga benar-benar menjadi referensi dan kebutuhan.

Dalam pelaksanaan tindak lanjut  Mou yang dilakukan oleh UIN dengan LIPI tentu membuka akses dalam pelaksanaaan riset dan dan kegiatan lainnya  baik kegiatan yang ada pada UIN STS Jambi dan LIPI kedua lembaga ini saling mengisi dalam menunjang peningakatan tri Dharma Perguruan Tinggi

Deputi pada  Jasa Kajian Ilmiah LIPI juga  membuka ruang penggunaan Sarana dan prasarana yang ada di LIPI dalam menunjang pelaksanaan penelitian dan riset.

Ia juga menambahkan pogram riset yang ada di LIPI Jakarta melaksanaan  pada bidang Ilmu hayati, ilmu kebumian, ilmu tekhnik, ilmu social, jasa ilmiah termasuk juga pada kajian penelitian pada bidang keagamaan.

Rektor UIN STS Jambi Prof. Su’aidi mengharap kerjasama yang dijalinkan sangat berdampak dalam peningkatan kualitas riset di UIN STS Jambi. Karena mengapa UIN STS Jambi sangat masih melakukan penelitian normative, kita harap kehadira LIPI di UIN STS Jambi dapat mengubah paradigm teman-teman UIN STS Jambi, kita harap kedepan berdampak pada kebutuhan dan persoalan social dan budaya yang berkembang menjadi persoalan dan masalah. Sebagai rektor sangat berharap LIPI memberi ruang untuk UIN.

Pada kesempatan Raker 2020 tidak hanya LIPI yang digadeng UIN Jambi dalam kerjasama  akan tetapi ada 6 lembaga yang ikut menandatanagan Kontrak Kerjasama bersama UIN STS Jambi dinataranya.

  1. Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI
  2. Pusat Pengakajian Islam dan Masyarakat (PPIM- UIN Jakarta)
  3. PT. GAS Nasional
  4. Bank 9 Jambi Jambi
  5. Perkumpulan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Jakarta
  6. Lembaga Sertifikasi Profesi Keuangan Syariah Jakarta

(Penulis : Abdul Rahman)