Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN-UM PTKIN, Ayo..Kuliah di UIN STS Jambi

Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN-UM PTKIN, Ayo..Kuliah di UIN STS Jambi

UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menerima mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021. Ada 6 jalur penerimaan yang disediakan bagi calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di UIN STS Jambi. Salah satunya adalah jalur Seleksi Penerimaan Akademik Nasional dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) pada hari Jum’at, tanggal 20 Desember 2019 bertempat di ruang sidang Auditorium H.M. Rasjidi Kementerian Agama RI Jl. M.H. Thamrin No. 6 Jakarta pada Pukul 13.00 s.d. 16.30 WIB meluncurkan secara resmi Seleksi Prestasi Akademik Nasional dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UM-PTKIN). Peluncuran dilakukan langsung oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Jenderal (Purn) TNI Fachrul Razi. SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Nasional yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh 58 PTKIN harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN. Pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu. Jadwal pelaksanaan SPAN PTKIN, mulai dari Pengisian & Verifikasi PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) pada tanggal 06 Januari – 31 Januari 2020, pendaftaran pada tanggal 3 Februari – 28 Februari 2020, seleksi tahap I pada tanggal 2 Maret – 13 Maret 2020, seleksi tahap II pada tanggal 16 Maret – 20 Maret 2020, dan pengumuman hasil seleksi 10 April 2020.

Kepala Kantor Kemeterian Agama Provinsi Jambi  H. Muhammad mengajak para siswa Madrasah dan santri pondok pesantern Jambi untuk masuk perguruan tinggi  jalur SPAN-UM PTKIN dan jalur reguler yang dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Intruksi Muhammad ini disampaikan melalui surat yang berkop Kanwil Kementerian Agama Proviinsi Jambi nomor B- 348/ Kw.05.2/ PP.00/01/2020 kepada seluruh  kemenag se provisinsi jambi , untuk memfasilitasi pelaksanaan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SPAN-UM PTKIN dan jalur regular yang akan dilaksanakan oleh PTKIN yang ada seperti UIN STS Jambi dan IAIN Kerinci.

Jalur SPAN-UM PTKIN ini merupakan jalur masuk perguruan tinggi melalui online dengan beberapa langkah yang tersedia pada portal SPAN-UM PTKIN.

Ia sangat mengharap semua operator sekolah membantu siswa, sehingga kita harap semua madrasah dan pesantern tidak ada lagi yang tidak tau tentang dan bagaimana masuk PTKIN melalui jalur SPAN-UM PTKIN,

Dalam 2 bulan kedepan tim sosialisasi dari PTKIN yakni UIN STS Jambi dan  IAIN Kerinci tidak berkemungkinan juga dari PTKIN luar Jambi akan melaksanakan sosialisasi ke kemenag kabupaten/kota atau  langsung ke sekolah, agar dapat memfasiltasi kegiatan tersebut sehingga kedepan peningkatan calon mahasiswa baru  jalur SPAN – UM PTKIN tahun ini  meningkat dari tahun sebelumnya.

Maka tugas pihak operator sekolah melakukan pengisian PDSS. Verifikasi PDSS dan pendaftaran siswa.

Orang nomor satu di Kementerian Agama Jambi ini mengajak semua calon mahasiswa “ ayo kuliah di PTKIN gerbang masa depan Insan Paripurna. Sambungnya. “