Racana Pramuka UIN STS Jambi Gelar Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar

Racana Pramuka UIN STS Jambi Gelar Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar

Racana Pramuka UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menggelar acara Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) di Aula lantai III Rektorat UIN STS Jambi, Senin (02/03).

KMD yang dilaksanakan dari tanggal 01 s.d. 07 Maret 2020 ini diikuti sebanyak 20 peserta dan dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan Dr. As’ad Isma, M.Ag., pembukaan ini ditandai dengan pemasangan secara simbolis tanda peserta kepada dua orang perwakilan peserta.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kwartir Provinsi Jambi, Kwartir Cabang Muaro Jambi, Instruktur KMD, Ketua Gugus Depan, Pembina UIN STS Jambi.

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan Dr. As’ad Isma, M.Ag. mengatakan, kursus pembina ini sangat bermanfaat bagi anggota dan pengurus pramuka. “Selama ini pembina  diambil dari pejabat, padahal yang ditunjuk tidak memiliki latar belakang kepramukaan. Akibatnya rasa cinta dan pemahaman menjadi kurang, karena memang tidak pernah tumbuh dan besardi kepramukaan,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan dalam kepramukaan proses pendidikan karakter sudah terjadi. Hal ini karena adanya pola pendidikan yang Interaktif dan komunikatif, berdasarkan pada prinsip dasar kepramukaan.“Jika saat ini pemerintah menggaungkan penerapan pendidikan karakter dalam dunia pendidikan, pramuka sudah menerapkan pendidikan karakter itu sejak awal diterapkan dalam prinsip kepramukaan. Untuk itu saya berharap calon pembina yang akan mengikuti kursus dapat menjadi panutan dan keteladanannya bagi anggota pramuka lainnya,” harap As’ad.