Antisipasi Corona, UIN STS Jambi Akan Produksi Hand Sanitizer

Antisipasi Corona, UIN STS Jambi Akan Produksi Hand Sanitizer

Setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan ada WNI yang positif tertular virus corona. Banyak warga merasa panik dan memburu barang yang dianggap bisa melindungi diri dari virus corona.

Selain itu, Kemenkes RI juga secara resmi sudah menerbitkan Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Novel Corona virus (2019-nCov) di laman resminya.

Barang yang banyak dicari masyarakat adalah masker dan hand sanitizer  atau cairan pembersih tangan. Cairan pembersih tangan  merupakan alternative pengganti sabun pencuci tangan, banyak dipilih karena kepraktisannya.

Karena langkanya hand sanitizer di Jambi, beberapa dosen Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi bersama laboran membentuk tim dan berinisiatif membuat hand sanitizer sendiri.

Tim yang terdiri dari Wiji Utami, Deliza, Wakil Dekan I dan Wakil Dekan II Fak. Saintek, Laboran, serta 5 orang mahasiswa Program Studi Kimia.

Wiji Utami dan kawan-kawan memproduksi Hand sanitizer ini di laboratorium fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi.

“Untuk pembuatan awal, kami akan membuat sebanyak 500 botol dulu. Ini untuk memenuhi kebutuhan hand sanitizer di lingkungan UIN STS Jambi,”ujarnya.

Rektor UIN STS Jambi Prof Dr. H. Su’aidi, MA., Ph.D mengapresiasi  inisiatif ini “Saya sangat mengapresiasi inisiatif ini, dan saya berharap, hand sanitizer ini bisa memberikan manfaat besar tidak hanya bagi civitas UIN STS Jambi saja, tetapi juga masyarakat di Provinsi Jambi.”ujarnya.

Tidak hanya itu, karena hand sanitizer ini adalah alternatif cara praktis mencuci tangan. Rektor  berharap bisa digunakan di instansi kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit, serta kampus, sekolah, atau kantor di Provinsi Jambi.