Pertama Kali, Mahasiswa Prodi PIAUD Gelar Pameran Karya Seni Rupa Secara Online

Pertama Kali, Mahasiswa Prodi PIAUD Gelar Pameran Karya Seni Rupa Secara Online

Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultass Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menggelar  AKSI (Ajang Kreativitas Seni) 2020 #DirumahAja secara online.  Kegiatan seperti ini baru pertama kali diselenggarakan oleh mahasiswa Program Studi PIAUD Dini angkatan 2017 yang bertemakan “Memanfaatkan Barang Bekas Menjadi Berkelas Dimasa Pandemi Covid-19”, AKSI 2020 #DirumahAja dilmulai dari jam 10.00 WIB., Rabu (10/06).

Awalnya AKSI dilakukan oleh mahasiswa PIAUD dalam rangka pemenuhan tugas Mata Kuliah Pendidikan Seni Rupa AUD dengan dosen pengampunya Ibu Firstly Mardhatillah, M.Pd. Dengan adanya AKSI ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa Enterpreneurship mahasiswa di era revolusi 4.0 dan di masa pandemi covid-19 ini.

kegiatan ini, juga sebagai bentuk sosialisasi Program Studi PIAUD kepada masyarakat Jambi dan luar Jambi. Pada acara AKSI ini peserta yang hadir dari beberapa Provinsi yang ada di Indonesia seperti dari Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Sulawesi, dan yang bergabung secara Skala Nasional khususnya berbasis online. Pada acara pameran ini mereka yang bergabung akan di data dan akan mendapatkan free sertifikat.

Artiana Cahya Pratiwi, ketua panitia acara AKSI tersebut menuturkan bahwa “AKSI (Ajang Kreativitas Seni) ini dapat kita lakukan dari rumah saja pada masa pandemi covid-19 ini, semoga dengan acara ini dapat membantu bapak atau ibu serta tamu undangan dalam memanfaatkan barang bekas yang ada disekitar menjadi berkelas,” katanya.

Ketua Prodi PIAUD Bapak Ridwan, S.Psi., M. Psi., Psikolog mengatakan “bahwa kegiatan ini telah cukup lama untuk diagendakan pada saat-saat sebelum adanya Covid-19. Itu dengan cara kegiatan secara langsung tetapi dikarenakan adanya covid-19 maka diadakan secara online seperti ini. Ada 1100 lebih yang dikumpulkan dalam waktu 4,5 bulan dari video hasil-hasil karya mahasiswa PIAUD UIN STS Jambi dengan menunjukkan kreasi kreativitas-kreativitas masing-masing yang dimasukkan ke dalam youtube, jadi bagi kita yang ingin melihat hasil karya mahasiswa PIAUD di berbagai youtube nya dan jangan lupa untuk menglike, share, dan subscribenya. Dan mudah-mudahan bisa bermanfaat, bisa kita gunakan, bisa  kita terapkan baik pada anak didik kita, anak kita atau pada siapapun orang yang bisa menggunakan ini,” harapnya.

Ikut hadir pada kesempatan tersebut Ketua Asosiasi PIAUD seluruh Indonesia Bapak Dr. Sigit Purnama, M.Pd mengatakan “bahwa saya pikir mungkin ini baru satu-satunya mahasiswa Prodi PIAUD menggelar kegiatan seperti ini dan saya mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh para mahasiswa tadi, apalagi ketika pak kaprodi bilang like,subscribe, share itu “waw” new normal banget gitu,” katanya, tertawa sumringah

Lanjutnya, “ini keterampilan individu yang harus di miliki mahasiswa PIAUD kini dan kedepannya, punya hp, instagram, youtube harus dimanfaatkan sebisa mungkin untuk bisa mendapatkan penghasilan, dan untuk pengembangan diri. Saya berharap mahasiswa PIAUD UIN STS Jambi ini bisa menjadi konten kreator untuk Pendidikan Islam Anak Usia Dini One Day One Video kalau bisa satu hari satu video dan dimasukkan ke youtube itu luar biasa,” ungkapnya.

Adapun pembuka acara yang dilakukan oleh Ibu Dr. Yusria, M.Ag selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, mengatakan “hasil karya khususnya mahasiswa kita di fakultas tarbiyah ini tidak pernah lelahnya untuk membuat video 1100 lebih dan PIAUD memang luar biasa, semoga ini dapat mengispirasi teman-teman kita PIAUD yang lain. Dalam keadaan covid-19 ini tidak menutup kita untuk berkreasi, dan berinovasi yang bisa dilakukan dirumah karna tidak ada batasnya. Dirumah saja, bekerja dari rumah saja, berkreasi dan berinovasi dari rumah saja, itu perlu kita ambil dari sisi positif dari apa yang sudah kita alami dalam beberapa bulan ini. Oleh karena itu selanjutya sesuai dengan judul AKSI (Ajang Kreativitas Seni) PIAUD ini dengan memanfaatkan barang bekas menjadi berkelas di masa pandemi covid-19 ini resmi saya buka dengan menggucap Bismillahirahmanirrahim,” paparnya

Dari pantauan kegiatan AKSI ini bahwa kegiatan ini berjalan dengan lancar dan diikuti secara antusias oleh peserta hingga berakhirnya acara.

#DirumahAja