Wujud Kepedulian terhadap Anak Berkebutuhan Khusus, Prodi PIAUD FTK Gelar Webinar Seri 3

Wujud Kepedulian terhadap Anak Berkebutuhan Khusus, Prodi PIAUD FTK Gelar Webinar Seri 3

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi kembali mengadakan Webinar Nasional dengan tema “Pendampingan Anak Berkebutuhan Khusus di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19”. Webinar Nasional ini merupakan kegiatan ketiga yang dilaksanakan Prodi PIAUD secara daring. Tema seputar anak berkebutuhan khusus sengaja diangkat untuk memberikan informasi kepada berbagai pihak khususnya orang tua mengenai hal-hal yang dapat dilakukan untuk mendampingi anak-anak berkebutuhan khusus di rumah pada masa pandemi Covid-19.

Webinar ini dilaksanakan pada hari Rabu (01/07/2020) pukul 10.00 s.d 12.00 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari Aceh hingga Papua serta dari berbagai latar belakang, mulai dari akademisi, praktisi pendidikan, hingga ayah dan bunda yang dikaruniai anak berkebutuhan khusus.  Peserta yang tergabung dalam webinar ini yang mengisi formulir pendaftaran tercatat sebanyak 580 orang. Namun, di luar dugaan pada hari H peserta membludak. Hasil pantauan tim operator jumlah peserta yang mengikuti via google meet berjumlah 100 orang, serta live streaming youtube ditonton sebanyak 912 kali. Seluruh peserta yang berpartisipasi mendapatkan sertifikat setelah kegiatan berlangsung dengan cara mengisi google form dan sertifikat dikirimkan melalui email masing-masing.

Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk sosialisasi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini kepada seluruh masyarakat serta wujud kepedulian terhadap anak-anak berkebutuhan khusus. Apresiasi yang sangat luar biasa disampaikan oleh Bapak Dr. Sigit Purnama, M.Pd. selaku Ketua Asosiasi PAUD Seluruh Indonesia. Pada sambutan, beliau menyampaikan “Prodi PIAUD UIN Jambi itu sangat eksis, mampu berkontribusi meskipun dalam masa pandemi Covid-19”.

Kegiatan Webinar Nasional ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi, Ibu Dr. Hj. Fadlilah, M.Pd. Pada sambutannya, beliau menyampaikan “PIAUD merupakan salah satu Prodi yang mampu mengangkat nama Fakultas Tarbiyah dan Keguruan serta UIN STS Jambi, karena Prodi PIAUD sangat aktif melakukan kegiatan dan mampu menghasilkan berbagai karya”.

Webinar ini dimoderatori oleh Bapak Amrindono, M.Pd.I. dengan pemateri yang ahli di bidangnya yaitu Bapak Ridwan, S.Psi, M.Psi, Psikolog (Kaprodi PIAUD UIN STS Jambi), Ibu Nahda Kurnia Juniati, S.Psi, M.Psi, Psikolog (Dosen dan Psikolog Klinis Anak RS. Melinda 2 Bandung). Kedua pemateri menjelaskan tentang pendampingan anak berkebutuhan khusus di rumah. Selain penyampaian materi juga ada sesi tanya jawab.

Selain kedua pemateri tersebut, acara ini juga diisi oleh Nora Febrianti Savitri, S.Pd (Alumni PIAUD UIN STS Jambi) dan Mustanirah (Mahasiswa PIAUD UIN STS Jambi). Keduanya memberikan informasi seputar APE (Alat Permainan Edukatif) yang dapat diterapkan untuk anak berkebutuhan khusus di rumah, penampilan puisi, serta berbagi kisah mengenai Ben seorang anak berkebutuhan khusus asal Jambi yang berprestasi di bidang matematika baik di tingkat nasional maupun internasional. Selain itu, keduanya mengingatkan bahwa setiap anak itu istimewa. Penampilan keduanya menuai banyak pujian dan sangat memotivasi. Apresiasi positif ditunjukkan dari komentar para peserta yang memuji bahkan meminta kontak keduanya.

Peserta Webinar Nasional sangat antusias mengikuti kegiatan baik melalui google meet maupun live streaming youtube. Acara ini berjalan baik hingga akhir acara dan mendapatkan apresiasi positif dari para peserta. Pada akhir acara Webinar Nasional ini dilakukan sesi foto bersama dengan menunjukkan simbol kepedulian dan rasa sayang kepada anak berkebutuhan khusus.