Memetik Hikmah di Balik Pandemi pada Seminar Daring Nasional Series 4 Prodi PIAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi

Memetik Hikmah di Balik Pandemi pada Seminar Daring Nasional Series 4 Prodi PIAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi kembali mengadakan Seminar Daring Nasional. Seminar daring kali ini merupakan kegiatan keempat yang diadakan oleh Prodi PIAUD UIN STS Jambi selama masa pandemi. Tema kegiatan seminar daring ini yaitu “Memetik Hikmah di Balik Pandemi dan Adaptasi Masa Kenormalan Baru pada Anak Usia Dini”. Tema ini sengaja diangkat untuk memberi informasi kepada berbagai pihak bahwa pandemi merupakan sebuah wabah yang di dalamnya terkandung banyak dapat dipetik hikmah serta menjadi pelajaran bagi kita semua. Selain itu, saat ini telah memasuki tahun ajaran baru yang tentunya berbeda dari sebelumnya. Masyarakat dihadapkan dengan pandemi Covid-19 dan sedang berada pada masa new normal. Maka dari itu penerapan protokol kesehatan di sekolah, terutama pada tingkat pendidikan anak usia dini harus diperhatikan.

Seminar daring ini dilaksanakan pada hari Rabu (15/07/2020) pukul 10.00 s.d 12.30 WIB. Peserta yang tergabung dalam seminar daring ini berskala nasional dengan latar belakang yang berbeda-beda, mulai dari akademisi, praktisi, hingga ayah bunda yang memiliki anak usia dini. Kegiatan ini dilaksanakan melalui platform google meet dan live streaming youtube. Seluruh peserta yang berpartisipasi mendapatkan sertifikat setelah kegiatan berlangsung dengan cara mengisi google form dan sertifikat dikirimkan melalui email masing-masing. Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk sosialisasi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini kepada masyarakat. Selain itu, kami berharap dengan adanya acara ini bisa memberikan berbagai informasi dan pengetahuan baru serta ajang silaturrahmi bagi seluruh peserta.

Kegiatan Seminar daring nasional ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan  UIN STS Jambi. Pada sambutannya beliau menyampaikan “PIAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi adalah program studi teraktif. Tidak terkendala kondisi, mereka masih tetap kreatif dengan semangat kaprodi, sekprodi, dosen, mahasiswa, serta alumni. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi sumbangan yang sangat luar biasa untuk kita semua”.

Seminar daring ini dimoderatori oleh Ibu Nurmalia K, M.Pd. dengan pemateri yang ahli di bidangnya masing-masing. Pemateri I yaitu Bapak Amrindono, M.Pd.I (Dosen PIAUD UIN STS Jambi) yang membahas tema “Hikmah diturunkannya Wabah”. Pemateri II, Ibu Suwarti, S.Pd.AUD, M.Pd. (Praktisi PAUD Jawa Timur) yang membahas tema “Implementasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Anak Usia Dini di Era New Normal”. Setelah penyampaian materi ada sesi tanya jawab dari peserta kepada pemateri.

Selain kedua pemateri tersebut, acara ini juga diisi oleh Kiki Supriyanti, S.Pd (Alumni PIAUD UIN STS Jambi. Kiki menyampaikan kisah sahabat Rasulullah mengenai virus yang melanda pada masa itu. Pemateri selanjutnya yaitu Fuja Padila Mayasari (Mahasiswa Prodi PIAUD UIN STS Jambi). Fuja menjelaskan mengenai tata cara penerapan protokol kesehatan di sekolah yang dikemas dalam bentuk video. Video tersebut diambil di TPA-KB-TK Aisyiyah Bustanul Athfal.

Peserta Seminar daring nasional sangat antusias mengikuti kegiatan baik melalui google meet maupun live streaming youtube. Acara ini berjalan baik hingga akhir acara dan mendapatkan apresiasi positif dari. Antusiasme ini dapat dilihat melalui pertanyaan yang dilontarkan serta komentar yang positif dari kolom chat.