UIN STS Jambi Bersama Sociopreneur Indonesia Tandatangan MoU

UIN STS Jambi Bersama Sociopreneur Indonesia Tandatangan MoU

UIN Jambi saat ini mengusung visi menjadi Universitas Islam sebagai Lokomotif Perubahan Sosial Unggul Nasional Menuju Internasional Dengan Semangat Islamic Entrepreneurship. Oleh karena itu UIN Sutha membuka ruang kerja sama dengan berbagai pihak baik nasional maupun internasional.

Sejalan dengan Pengembangan Visi tersebut, UIN Sutha bersama Sociopreneur Indonesia melakukan penandatanganan MoU antara Rektor UIN Sutha Prof. Dr. H. Su’aidi, MA.,Ph.D dengan Dessy Aliandrina, Ph.D, Rabu (22/07).

Penandatanganan nota kesepahaman berlangsung secara daring melalui aplikasi zoom, dirangkai dengan dialog Social Entrepreneurship mengusung tema “Memaksimalkan Peran Perguruan Tinggi Dalam Mewujudkan Budaya Inovasi”, yang diprakarsai oleh Fakultas Sains dan Teknologi.

Dalam sambutannya Rektor UIN Sutha menyampaikan bahwa UIN sedang merencanakan membangun herbal bioteknologi.

“Dan sudah kita lakukan langkah-langkah untuk pembangunan herbal Bio Techno Park di UIN Sutha. di dalam kawasan ini nanti miniaturnya ada di kampus UIN mendalo seluas 10 hektar”ujarnya.

UIN Sutha sebagai lokomotif, harus mencari Inovasi yang memadai dalam pengembangan herbal Bio Techno Park. “Kita akan menanam, mengelola, membudidayakan dan mengembangkan herbal Bio Techno Park sebagai sumber obat-obatan herbal dan atau obat-obat tradisional yang selama ini digunakan di perkampungan pedalaman Jambi, sebelum ada dokter di rumah sakit,”lanjut Rektor.

Dalam kesempatan itu Dekan Fakultas Saintek Iskandar, M.Pd., Ph.D menjelaskan,salah satu dari bentuk wujud kerjasamanya ini adalah dalam rangka menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi pendidikan pengajaran penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Salah satu hasil dari kerjasama ini langsung menjadi pilot project pendampingan pengelolaan sampah dengan memberdayakan mahasiswa dan dosen FST dan kita akan mendengar success Story sociopreneur Indonesia dalam sharing ini,”ungkap Iskandar.

Lebih lanjut Iskandar menyampaikan Fakultas Sains dan Teknologi sudah memiliki konsep tentang manajemen sampah yang dimotori oleh dosen-dosen di fakultas Saintek yaitu dosen Prodi kimia dan sudah terbentuk untuk kandidat dan siap untuk di ajukan paten.

“Kami ingin menjadi yang terdepan untuk mewujudkan visi UIN Sutha sebagai lokomotif perubahan sosial yang mencoba menyentuh secara akademis dan berharap ini berdampak untuk masyarakat terutama di provinsi Jambi dan mudah-mudahan dengan pendampingan ini akan menghasilkan produk yang bisa menjadi distribusi untuk masyarakat dan UIN Sutha terdepan di dalam pengelolaan sampah,”tuturnya.