Perluas Kerjasama UIN Jambi Jajaki MoU dan MoA Dengan BMKG Muaro Jambi

Perluas Kerjasama UIN Jambi Jajaki MoU dan MoA Dengan BMKG Muaro Jambi

Salah satu program mewujudkan visi UIN Jambi untuk “Menjadi Universitas Islam sebagai Lokomotif Perubahan Sosial Unggul Nasional Menuju Internasional Dengan Semangat Islamic Entrepreneurship” yaitu dengan meningkatkan program Tridarma Perguruan Tinggi (Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat). Program tersebut dilakukan dengan perumusan dan pembuatan MoU (Memorandum of Understanding) dan MoA (Memorandum of Agreement) dengan berbagai pihak, salah satunya yaitu dengan UPTD BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)  Muaro Jambi yang berlangsung pada Rabu, 22 Juli 2020 kemarin di UPTD BMKG Sei Duren, Muaro Jambi yang dihadiri Oleh :

Foto dari kiri ke kanan:

  1. Ernani, S.Kom (Kasubag Tata Usaha BMKG Jambi)
  2. Sri Utami, S.ST (Kapoksi. Staklim BMKH Jambi)
  3. Dr. Tanti, M.Si (Wakil Dekan 1 Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sutha Jambi)
  4. Rudi Anwar yudha, SP (Kepala Stasiun Klimatologi Sei Duren Jambi)
  5. Dr. Bahrul Ulum, M.Ag (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Sutha Jambi)
  6. Ibnu Sulityono, SE, M.A.P (Kepala Stasiun Koordinator BMKG Provinsi Jambi)
  7. Bayu Kurniawan, S.Si., M.Sc (Dosen Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sutha Jambi)
  8. Ali Ubaydah, S.TP (Tim Kerjasama UIN Sutha Jambi)

 

Ruang lingkup kerjasama ini meliputi kegiatan perlengkapan sarana belajar mengajar, pemanfaatan informasi klimatologi, pengembangan sumber daya manusia, pelatihan kompetensi dan Kegiatan-kegiatan lain yang disetujui oleh kedua pihak, yang berkaitan dengan pemanfaatan informasi klimatologi, pengembangan lembaga, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Kerjasama ini penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui Tridarma Perguruan Tinggi. Tukar pikiran antara Expert akademisi dan praktisi (UIN Sutha dan BMKG) mampu memberikan warna yang baru dibidang Tridarma Perguruan Tinggi” ucap Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Jambi Dr. Bahrul Ulum, M.Ag.

Kepala Stasiun Koordinator BMKG Provinsi Jambi Bapak Ibnu Sulityono, SE, M.A.P senada dengan Kepala BMKG Sei Duren Bapak Rudi Anwar yudha, SP menjelaskan bahwa kerjasama ini juga sangat penting sebagai misi BMKG untuk mensosialisasikan peran BMKG kepada masyarakat khususnya Perguruan Tinggi agar tercipta sinergi bersama pada program penelitian dan pengabdian serta berkontribusi dalam bidang pendidikan melalui sharing dalam bentuk  kuliah umum pada Perguruan Tinggi.