AFPI Goes to Campus Bersama FEBI, Hadapi Ekonomi Digital

AFPI Goes to Campus Bersama FEBI, Hadapi Ekonomi Digital

Bersama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin (UIN SUTHA) Jambi, Asosiasi  Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) Goes to Campus menyelenggarakan Seminar Nasional daring bertema “Peran Fintech Dalam Memenuhi Kebutuhan Pendanaan Masyakat”, Kamis (30/07).

Seminar ini bertujuan untuk edukasi fintech lending, mendorong tumbuhnya pelaku ekonomi digital Indonesia khususnya mahasiswa dan kolaborasi antar stakeholders dengan menghadirkan narasumber yang berbicara terkait fintech lending dan ekosistemnya, mitigasi risiko dalam fintech lending, dan strategi pengelolaan bisnis daring.

Indonesia masuk dalam revolusi industri 4.0 yang salah satunya ditandai dengan tumbuhnya ekonomi digital. Lembaga jasa keuangan berbasis teknologi informasi terus tumbuh, termasuk industri fintech lending sebagai altematif pendanaan bagi masyarakat.

Melalui fintech lending, diharapkan pendanaan usaha makin menjangkau masyarakat bawah (khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah/UMKM) dengan lebih cepat dan mudah. Pengenalan dan edukasi industri fintech lending harus dilakukan agar masyarakat, khususnya UMKM dan usaha rintisan, pejabat daerah, industri jasa keuangan, dan para stakeholders terkait, semakin paham sehingga dapat memanfaatkan industri fintech lending secara optimal.

Turut hadir Rektor UIN Sutha Prof. Dr. H. Su’aidi, MA., Ph.D., Wakil Dekan I Dr. Rafidhah  sebagai perwakilan dosen, mahasiswa FEBI, OJK, dan AFPI.

Rafidhah mengatakan, dosen bisa meneliti isue yang berkaitan dengan financial teknologi dan publikasi ilmiah. Selain itu, dosen diharapkan bisa melakukan pengabdian masyarakat melalui literasi keuangan, Mhs mempunyai objek penelitian yg  menarik dg kehadiran financial technologi / fintech di revolusi industri 4.0

“Ke depan OJK..Fintech  dan FEBI UIN SUTHA diharapkan bisa meningkatkan literasi keuangan (pemahaman masyarakat) dan inklusi keuangan (akses penggunaan produkn dan layanan keuangan) di provinsi Jambi. Hal ini sebagai satu wujud  darr lokomotif perubahan sosial di masyarakat,”ungkap Rafidhah melalui aplikasi zoom.

Selain Dosen,  mahasiswa FEBI UIN Sutha dari tiga prodi juga memberikan presentasi mereka dalam seminar yang diikuti lebih dari 150 orang ini. Seminar ditutup dengan pemberian doorprize kepada peserta berupa USB fortable, harddisk external, dan smartphone.