Kiki Supriyanti, Alumni PIAUD Sukses Dirikan Teras Baca

Kiki Supriyanti, Alumni PIAUD Sukses Dirikan Teras Baca

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk berkontribusi terhadap pendidikan  anak Indonesia. Salah satunya mendirikan Teras Baca, Taman Baca atau Perpustakaan. Hal ini jugalah yang saya lakukan. Saya adalah Kiki Supriyanti yang sekarang berkecimpung di dunia Pendidikan Anak Usia Dini. Saya juga gemar membaca dan mencintai dunia anak. Alhamdulillah, 5 Agustus 2018 telah resmi dibuka Alif Teras Baca untuk semua lapisan masyarakat dengan gratis tak lain dan tak bukan untuk meningkatkan minat baca sedini mungkin pada anak. Ketika itu saya masih duduk di bangku kuliah semester 5 di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dengan program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dan Saya mendirikan Alif Teras Baca melibatkan masyarakat setempat seperti RT, Ketua Masjid dan para orang tua. Dalam hal ini untuk mendukung kegiatan Alif Teras Baca kedepannya.

Sudah sekian lama merencanakan untuk membuka “Teras Baca” dengan berbagai macam pertimbangan, dengan berbagai macam kendala dan berbagai macam warna-warni lainnya. Tetapi selalu menanamkan di dalam hati bahwa setiap niat baik yang akan kita lakukan akan Allah beri kemudahan dan jalan untuk melewatinya yang terpenting ialah “Mulai aja dulu”. Melalui Alif Teras Baca ini harapannya menumbuhkan minat baca pada anak sedini mungkin, memperkenalkan anak dengan dunia literasi, dan tidak hanya anak-anak yang menjadi sasarannya tetapi orang tua dan membantu merevitalisasikan nilai-nilai budaya membaca sekaligus mewujudkan masyarakat Jambi menjadi masyarakat pembelajar sepanjang hayat. Aamiin…

Hampir 2 bulan mempersiapkan semua yang dibutuhkan Alif Teras Baca, mulai dari koleksi buku pribadi hingga sumbangsi dari guru, dosen dan sahabat yang juga ikut berpartisipasi untuk mendirikan Alif Teras Baca, mulai dari buku bergambar, buku cerita, kisah nabi dan alat tulis. Alhamdulillah …

Alhamdulillah, kegiatan Alif Teras Baca banyak sekali salah satunya belajar di alam yakni Saya mengajak anak-anak ke taman kongkow. Saya mengajak anak-anak untuk melihat dan merasakan belajar atau membaca buku di alam. Saya meyakini bahwa belajar dan membaca bukanlah sesuatu yang membosankan dengan cara seperti ini. Saya melihat anak-anak sangat antusias sekali dengan kegiatan ini.

Kegiatan Alif Teras Baca lainnya yakni cooking class, kelas sehat, bercocok tanam, mendongeng dan crafting. Alif Teras Baca memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan. Selain membaca mereka juga belajar banyak hal bersama. Kegiatan Alif Teras Baca hanya ada sepekan sekali. Artinya anak-anak selalu menantikan kegiatan Alif Teras Baca disetiap waktunya.

Setiap mendampingi mereka belajar timbul semangat dan bahagia tentunya. Melihat canda dan tawa mereka generasi penerus kelak yang akan membangun negeri ini. Tentu menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi saya.

Sampat beberapa kali Alif Teras Baca kedatangan Mahasiswa UIN STS Jambi yang mengadakan Observasi Psikologi Belajar. Mahasiswa yang datang melihat kegiatan Alif Teras Baca yang dihadiri oleh beberapa anak sekitar Alif Teras Baca. Sebagai Alumni saya sangat bangga sekali bisa ikut berkontribusi bersama adik-adik Mahasiswa.

Alhamdulillah, 2019  saya dan anak-anak mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi kebun Binatang. Anak-anak belajar jenis-jenis hewan yang ada di dalamnya. Setelah dari Kebun Binatang saya meminta  anak-anak untuk menuliskannya dan dikumpulkan. Cara ini untuk melatih anak untuk menuangkan perasaannya pada saat ke Kebun Binatang.

Alhamdulillah, Alif Teras Baca juga tergabung di komunitas Literasi di Jambi dan pernah mengikuti Kemah Literasi Jambi pada tahun 2019 yang diadakan oleh Rumbai atau Rumah Baca Pertamina. Bahagia sekali bergabung dengan orang-orang hebat yang terus berjuang membukan Literasi. Tidak hanya dikalangan Literasi saja tetapi dari mahasiswa dan lembaga lainnya. Di sini kami mengikuti kemah sehari semalam dan mendapatkan ilmu dan pengalaman yang luar biasa. Dari sini saya dapat lebih bersemangat lagi untuk terus istiqomah membuka Alif Teras Baca.

Saya juga bergabung di Kampung Dongeng Seloko Jambi. Di mana kegiatan Kampung Dongeng menghibur anak-anak dan belajar bersama dengan crafting.  Saya mulai aktif di Kampung Dongeng Seloko Jambi ketika saya duduk sebagai mahasiswa semester 1 di tahun 2016. Mengikuti kegiatan ini saya belajar mendongeng dan belajar banyak hal lainnya. Dari sini juga dapat saya menerapkan di Alif Teras Baca, sebab saya bisa dongengin anak-anak sekitar.

Selanjutkan saya juga pernah menjadi Moderator Webinar Nasional tentang Literasi Indonesia untuk Dunia, menggagas ide, menghasilkan karya di Era New Normal yang diadakan oleh beberapa pihak yang berkecimpung di dunia Literasi. Dengan jumlah kurang lebih 250 peserta yang mengikuti walaupun diadakan secara virtual tetapi tidak mengurangi semangat peserta.

Alhamdulillah, sebelumnya saya juga mengisi acara webinar nasional 2 yang diadakan oleh PIAUD UIN STS Jambi dan juga sebagai Almamater kebanggaan saya, kegiatan ini diikuti oleh  kurang lebih 300 peserta yang tersebar baik dari pulau Sumatra, Jawa, Sulawesi, Kalimantan juga NTB.

Kegiatan ini gilar secara virtual pada hari Rabu, 15 Juli 2020. Saya sebagai narasumber diminta untuk menampilkan biografi dan bercerita lewat kisah Umar Bin Khattab secara virtual dan live. Alhamdulillah kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan banyak dukungan yang mengalir untuk kami.

Meski saat ini saya telah menjadi Alumni PIAUD UIN STS Jambi, namun saya akan tetap terus berkontribusi untuk Almamater tercinta yang telah banyak memberi ilmu dan pengalaman selama mengenyam pendidikan di sana.