Bawaslu Gelar Kuliah Umum dan MoU Bersama UIN Jambi

Bawaslu Gelar Kuliah Umum dan MoU Bersama UIN Jambi

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia bersama UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi gelar Kuliah Umum. Kegiatan tersebut dirangkai dengan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama antara UIN Sutha dengan Bawaslu Provinsi Jambi, Senin (10/08).

Rektor UIN Jambi, Prof. Dr. H. Su’aidi, MA,Ph.D mengatakan bahwa kerja sama ini memiliki relevansi dengan visi UIN Jambi.  “Visi UIN Jambi yaitu, Lokomotif Perubahan Sosial Unggul Nasional Menuju Internasional dengan Semangat Moderasi dan Entrepreneurship Islam.  Filosofi lokomotif berada di depan, berjalan diatas rel dan memiliki stasiun,”jelasnya.

Perubahan apa saja yang akan dilakukan UIN Jambi?antara lain sosial ekonomi budaya politik agama lingkungan hidup dan kebersihan. Dengan kerjasama ini UIN dapat mengumpulkan data partisipasi dalam pemilu.

“Saya mendukung kerjasama ini, kita akan turut serta mengedukasi tentang pendidikan politik di Provinsi Jambi. UIN Jambi dapat memberikan kontribusi mengawal pelaksanaan pemilu berkualitas.”ungkap Prof. Su’aidi di ruang sidang senat UIN Jambi.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Jambi Asnawi, M.Pd menjelaskan, pelaksanaan pemilukada di Provinsi Jambi akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020.

“Bukan hal gampang melaksanakan pemilu dalam masa pandemic seperti ini. untuk itu diperlukan kerjasama dengan berbagai pihak agar pemilu berjalan lancer dan berkualitas,”jelasnya.

Anggota Bawaslu RI, Mochammad Afifuddin, S.Th.I,M.Si dalam paparannya dihadapan 250 peserta di aplikasi zoom, mengatakan bahwa Perguruan Tinggi memiliki peran untuk mengawal dan mengawasi proses pelaksanaan pemilu.

“Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu. Itu yang menjadi landasan bagi Bawaslu mengajak perguruan tinggi berperan mengawasi proses pelaksanaan pemilu,”ujarnya.

Menurut Afifuddin, Bawaslu merupakan satu-satunya lembaga yang di dunia yang diberi wewenang untuk mengawasi proses pelaksanaan pemilu, dan tidak ada di negara manapun selain di Indonesia.