Bagaimana Mengupgrade Gizi dan Kesehatan yang Selaras dengan Tubuh, Fikiran, serta Jiwa Anak Usia Dini?

Bagaimana Mengupgrade Gizi dan Kesehatan yang Selaras dengan Tubuh, Fikiran, serta Jiwa Anak Usia Dini?

Bagaimana Mengupgrade Gizi dan Kesehatan yang Selaras dengan Tubuh, Fikiran, serta Jiwa Anak Usia Dini? Tema tersebut diangkat pada kegiatan seminar nasional daring Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Panitia pelaksana sengaja mengangkat tema ini dalam rangka Hari Anak Nasional  yang diperingati pada tanggal 23 Juli 2020 lalu. Selain itu, Achmad Fadlan, M.Pd.I selaku ketua pelaksana juga menyampaikan tujuan dari seminar nasional daring kali ini untuk memberikan informasi kepada berbagai pihak khususnya orang tua mengenai hal-hal yang dapat dilakukan untuk membiasakan perilaku hidup sehat dan pemberian makanan gizi seimbang kepada anak usia dini. Terlebih pasca diberlakukan new normal terdapat penambahan kasus baru penderita covid-19, terutama di Provinsi Jambi.

Seminar nasional daring Seri 5 ini dilaksanakan pada hari Senin (10/08/2020) pukul 14.00 s.d 16.00 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari berbagai latar belakang, mulai dari akademisi, praktisi pendidikan, dan dari kalangan umum.  Peserta yang tergabung dalam kegiatan ini yang mengisi formulir pendaftaran tercatat sebanyak 300 orang. Seluruh peserta yang berpartisipasi mendapatkan sertifikat setelah kegiatan berlangsung dengan cara mengisi google form dan sertifikat dikirimkan melalui email masing-masing.

Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk sosialisasi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini kepada seluruh masyarakat serta wujud cinta dan kasih sayang orang tua terhadap anak-anak. Apresiasi disampaikan oleh Ibu Laili Ramadani, M.A. selaku wakil ketua Asosiasi PIAUD se-Indonesia. Pada sambutannya, beliau menyampaikan “Peserta yang saya lihat pada hari ini berasal dari seluruh Indonesia, ada yang dari Tamiang, Padang, Malang, Cikarang, Jawa Tengah, bahkan ada Ibu Dian dari Korea Selatan”.

Kegiatan Seminar nasional daring ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi, Ibu Dr. Yusria, M.Ag.

Seminar nasional daring ini dimoderatori oleh Bapak Amirul Mukminin Al-Anwari, M.Pd.I. selaku sekretaris PIAUD UIN STS Jambi. Para pemateri juga berasal dari pakar di bidangnya yaitu Ibu Nurmalia K, M.Pd (Dosen PIAUD UIN STS Jambi), Ibu Amaliah Ekasari, S.Pd (Praktisi PAUD). Kedua pemateri menjelaskan tentang gizi dan kesehatan pada anak usia dini. Setelah penyampaian materi juga ada sesi tanya jawab.

Selain kedua pemateri tersebut, acara ini juga diisi oleh Rayzah Megawati, S. Pd (Alumni PIAUD UIN STS Jambi) dan Sapna Wahyuni (Mahasiswa PIAUD UIN STS Jambi). Keduanya memberikan informasi seputar kesehatan anak usia dini dengan mengenalkan permainan tradisional yeye kepada anak usia dini untuk melatih kemampuan fisik motorik, sosial emosional anak usia dini dan memberikan seputar informasi kepada orang tua untuk memberikan asupan makanan yang sesuai dengan gizi seimbang bagi anak usia dini.

Peserta Seminar nasional daring sangat antusias mengikuti kegiatan baik melalui google meet maupun live streaming youtube. Acara Seminar nasional daring seri 5 ini menuai banyak pujian dan sangat memotivasi. Acara ini berjalan baik hingga akhir acara dan mendapatkan apresiasi positif dari para peserta. Apresiasi positif ditunjukkan para peserta yang memuji melalui kolom komentar baik melalui google meet maupun live streaming youtube.