Seminar Nasional Daring Seri 6 PIAUD : Mengoptimalkan Kecerdasan Anak Melalui Musik

Seminar Nasional Daring Seri 6 PIAUD : Mengoptimalkan Kecerdasan Anak Melalui Musik

Percayakah kamu, musik bisa mempengaruhi kecerdasan anak? Seminar daring ini akan menjawab keraguan kamu terhadap hal itu. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, kembali mengadakan Seminar Nasional Daring dengan tema “Mengoptimalkan Kecerdasan Anak Melalui Musik”.

Seminar ini merupakan kegiatan keenam yang dilaksanakan Prodi PIAUD secara daring, selama pandemi covid-19. Seperti yang diketahui, musik  dapat, memberikan efek-efek positif terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak dalam masa golden age.

Tema ini sengaja diangkat untuk memberikan informasi kepada berbagai pihak, khususnya orang tua mengenai hal-hal yang dapat dilakukan untuk mendampingi anak-anaknya  dalam melatih fisik motorik pada anak

Seminar yang dilaksanakan pada hari Minggu (30/08/2020) pada pukul 09.00 s.d 11.30 WIB, 11.00 s.d 13.30 WIT, dan 10.00 s.d 12.30 WITA. Kegiatan ini diikuti peserta dari berbagai latar belakang, mulai dari akademisi, praktisi pendidikan, hingga ayah dan bunda. Dari Sabang sampai Merauke, bahkan ada yang berasal dari korea,

Sebanyak 386 orang peserta via google meet sangat antusias dalam mengikuti WEBINAR ke-6 ini.  sementara peserta yang tidak dapat akses menyaksikan melalui live streaming youtube. Seluruh peserta yang berpartisipasi mendapatkan sertifikat setelah kegiatan berlangsung dengan cara mengisi google form dan sertifikat dikirimkan melalui email masing-masing.

Dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi, Dr. Yusria, M.Ag. ia berpesan “melalui WEBINAR dengan membahas mengoptimalkan kecerdasan anak melalui musik. kita berharap ada semacam tindak lanjut apakah bisa melahirkan, menghasilkan sebuah musik yaitu lagu anak-anak dan membawa kearifan lokal melalui musik yang kita kembangkan sesuai pertumbuhan dan perkembangan Anak Usia Dini”.

Ketua Prodi PIAUD UIN STS Jambi Ridwan, M.Psi, menjelaskan seminar ini diselenggarakan sebagai bentuk sosialisasi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini kepada seluruh masyarakat serta wujud kepedulian terhadap anak-anak dalam meningkatkan kecerdasan anak dengan mengenal musik.

Sementara itu apresiasi yang sangat luar biasa disampaikan Dr. Sigit Purnama, M.Pd. selaku Ketua Asosiasi PIAUD Seluruh Indonesia. Dalam sambutannya, ia menyampaikan “Saya pikir dalam waktu normal malah semakin berat. Karena, setiap pekan kita harus mengumpulkan banyak orang, juga mencari narasumber dan saya sangat mengapresiasi Prodi PIAUD dan semangat prodi PIAUD UIN STS JAMBI sangat luar biasa, ini sangat saya apresiasi dipertahankan terus. Dan untuk tema webinar kali ini pesan saya jangan sampai kita hanya menjadi pengikut saja, jangan sampai kita hanya melihat saja, namun kita juga harus ikut dalam mengembangkan aspek terhadap anak salah satunya dengan mengenal kan musik, ”ujarnya.

Webinar ini dimoderatori oleh Bapak Achmad Fadlan , M.Pd.I. dengan pemateri yang ahli di bidangnya yaitu, Ibu Firstly Mardhatillah (Dosen Seni Prodi PIAUD UIN STS Jambi), Bapak Buce Fal Frans Zerky, M.Pd (Praktisi Musik/IT Developer APSI Jogyakarta). Kedua pemateri menjelaskan tentang Bagaimana Mengoptimalkan Kecedasan Anak Melalui Musik. Selain penyampaian materi juga ada sesi tanya jawab.

Selain kedua pemateri tersebut, acara ini juga diisi oleh Kurnia & Putri Khusnul Khotimah (Mahasiswi Prodi PIAUD UIN STS Jambi) dan Penampilan dari Zulfikar, SE yang merupakan bagian AS. Project serta Musisi Jambi (Seniman Jambi) selain itu juga sebagai staff ICT Prodi PIAUD, penampilan dari mereka berupa pemberian informasi seputar MUSIK yang dapat diterapkan untuk anak dan mengenalkan atau mengingat Kembali lagu Nasional, lagu-lagu daerah, lagu Anak-anak agar bisa dikembangkan dan diterapkan kepada anak-anak agar budaya kearifan lokal tidak hilang. dengan  belajar melalui musik anak juga akan tidak mudah bosan dan mudah menangkap apa yang diajarkan.

Peserta Webinar Nasional sangat antusias mengikuti kegiatan baik melalui google meet maupun live streaming youtube. Acara ini berjalan baik hingga akhir acara dan mendapatkan apresiasi positif dari para peserta. Pada akhir acara Webinar Nasional ini dilakukan sesi foto bersama dan juga menampilkan video tentang musik dengan menunjukkan simbol kepedulian dan rasa sayang kepada anak dalam mengembangkan fisik motorik nya dengan salah satu mengenalkan kecerdasan melalui seni atau musik.