Rektor Bangga Masyarakat Produktif

Rektor Bangga Masyarakat Produktif

Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi  mengapresiasi dan bangga terhadap masyarakat produktif  yang mampu memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumahnya menjadi lahan produktif sebagai income economy, hal ini disampaikannya pada kunjungan ke kelompok tani Hedro Makmur  Jaya Kelurahan Penyengat Rendah Kota Jambi (24/09/20).

“ saya merasa bangga dan mengapresiasi kepada kelompok tani  Hedro Makmur Jaya yang mampu memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah menjadi produktif  seperti yang kita lihat saat ini yaitu tanaman buah melon”.

Penanaman melon ini tentu tidak menghabiskan waktu yang lama cukup 70 hari sudah siap panen dengan hasil 200% dari modal yang  dikeluarkan, dan  ini merupakan langkah yang bagus dalam peningkatan ekonomi keluarga, terutama pada masa pandemi Covid-19 yang melarang masyarakat untuk tidak banyak beraktifitas di luar rumah atau berkumpul dengan banyak orang.

yang menjadi perhatian khusus oleh kelompok tani adalah memikirkan bagaimana hasil panennya mampu dipasarkan, artinya pada saat panen sudah ada yang menampung  dan  siap dikelola dengan baik ditangan masyarakat atau perusahaan

Selain  itu, terkadang yang menjadi  kendala bagi masyarakat kita adalah pada masalah modal atau finansial awal, ini kiranya menjadi perhatian bagi pemerintah daerah atau jasa keuangan lainnya untuk dapat membantu masyarakat sehingga semangat berusaha pada masa covid-19 ini tentu tidak menjadi kendala.

Sebelumnya,  pendamping  kelompok tani Hedro Makmur jaya Firman menyampaikan bahwa selama menjadi pendamping kelompok tani ini pada pengelohan lahan dan penanamannya termasuk pemeliharaan tidak menjadi kendala, ia senang sekali melihat petani bersemangat dalam mengelola lahan kosong di sekitar perkaragan rumah. Dan ia berharap pemerintah dapat membantu masyarakat dalam segi ini.