Adopsi Inovasi Oleh Masyarakat Melalui Sosialisasi Pembuatan Eco-Enzyme Dan Bio-Pestisida

Adopsi Inovasi Oleh Masyarakat Melalui Sosialisasi Pembuatan Eco-Enzyme Dan Bio-Pestisida

Prodi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi melakukan sosialisasi, inovasi dan produktif di masa pandemic covid -19 dalam pembuatan Eco-Enzyme dan Bio-Pestisida ke Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Yatim Dhu’afa “Al-Rasyid Jambi”.

Dalam penjelasan yang disampaikan oleh Deliza, M.Si bahwa pembuatan Eco-Enzyme dan Bio-Pestisida ini menggunakan bahan bahan limbah dapur, sebagian masyarakat tidak mengetahui   bahwa limbah tersebut dapat digunakan menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Di masa pandemi ini banyak hal yang bisa dilakukan walaupun kita harus menjaga sosial distancing (menjaga jarak) hal ini tidak luput membuat kita berhenti berinovasi dan berkreasi dan mengembangkan diri dalam menciptakan sebuah ide atau gagasan yang dapat membuat peluang menjadi sebuah usaha.

Adapun bahan yang digunakan dalam pembuatan Eco-Enzyme air, kulit jeruk (limbah jeruk), molase ( limbah gula) selain molase bisa digunakan gula merah, perbandingany 1:3:10 dan dibuka setiap harinya untuk mengeluarkan gas, dimana gas nya itu adalah o3 (ozon) yg saat sekarang ini menipis masa panennya selama 3 bulan.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan Bio-Pestisida air, kulit bawang merah ( limbah bawang) mengandung banyak mineral ( kalsium, zink,  magnesium,  fosfor, zat besi, selain itu ada hormon auxin dan giberelin yaitu bisa memicu pertumbuhan tanaman, dan mengandung senyawa flavonoid dan acetogenin yaitu sebagai anti hama.

Dalam kegiatan tersebut yg dihadiri oleh Dr. Tanti, M.S. I dan Dr. Abd. Malik, M.S.I selaku pendamping menyampaikan kegiatan ini merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, kali ini program pengabdian kepada masyarakat inovasi yang diadopsi masyarakat yaitu pondok pesantren tentang cara pembuatan hand sanitizer, eco-enzyme dan bio-pestisida.

Ia berharap ini merupakan langkah awal yang mana Fakultas Sains dan Teknologi berinteraksi dan berdampak kepada masyarakt sekitar dan hasil dari pada kegiatan ini out putnya adalah pondok mampu mengembangkan usaha dalam pembuatan pembuatan hand sanitizer, eco-enzyme dan bio-pestisida. “Jelasnya”.

Dalam wawancara dengan salah satu pengajar di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Yatim Dhu’afa “Al-Rasyid Jambi”  mereka merasa senang atas kedatangan Tim Sosialisasi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Banyak ilmu yang didapat dalam kunjungan ini salah satu contohnya bagaimana memanfaatkan limbah rumah tangga (dapur) dapat dipergunakan menjadi eco enzyme dan bio-pestisida dan berharap aka nada kunjungan dilain waktu guna dapat menerapkan ilmunyanya lebih dalam lagi,”Jelasnya”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.