Menuju Kampus Merdeka Belajar, FTK Adakan Workshop Tinjauan Kurikulum

Menuju Kampus Merdeka Belajar, FTK Adakan Workshop Tinjauan Kurikulum

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN STS Jambi terus meningkatkan berbagai kualitas yang ada, untuk itu Selasa (11/11) mengadakan workshop tinjauan kurikulum dengan tema Transintegrasi ilmu ketarbiyahan dan keguruan menuju kampus merdeka belajar dengan semangat moderasi dan edupreneurship islam. Menghadirkan Prof. Dr. H. Sutrisno,M.Ag dan Muhammad Fakhri Husein, Ph.D dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai narasumber kegiatan ini dilaksanakan di Aula MUI Provinsi Jambi.
Dalam sambutannya, Dekan FTK UIN STS Jambi, Dr. Hj. Fadlilah, M.Pd mengatakan dengan kegiatan ini sangat penting dilaksanakan guna membentuk kurikulum yang baru dan pastinya sesuai dengan peraturan dan program yang ada saat ini, antara lain Program Kampus Merdeka Belajar.
“Diharapkan dengan workshop ini ada pencerahan bagi setiap Prodi di lingkup FTK khususnya dalam membentuk dokumen kurikulum. Dimana dapat memilih mata kuliah yang dianggap masih relevan dan menghilangkan mata kuliah yang tidak relevan lagi,” jelas Dekan FTK UIN STS Jambi.
Ditambahkannya, FTK sebagai Fakultas dengan jumlah prodi terbanyak yaitu 9 prodi terus melakukan berbagai upaya untuk memperbaharui semuanya guna terus meningkatkan kualitas yang ada. Selain itu diharapkan dengan kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi Fakultas lainnya yang ada di UIN STS Jambi dalam membentuk kurikulum.
Workshop ini dihadiri jajaran pimpinan di lingkup FTK, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. Risnita, M.Pd, , Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Dr. Najmul Hayat, M.Pd.I dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Yusria, M.Ag, Ketua dan Sekretaris Program Studi di lingkup FTK UIN STS Jambi, Prof. Dr. H. Adrianus Chatib,MA, Dr. Jalaluddin,M.Pd.I, Guru besar bidang Kurikulum FTK UIN STS Jambi, Prof. Dr. H. Lias Hasibuan,MA, Unsur Dewan Pendidikan Kota Jambi, Prof. Dr. Mukhtar,M.Pd dan peserta workshop lainnya yang mengikuti secara daring.
Melalui program Kampus Merdeka Belajar mahasiswa mendapatkan kesempatan luas untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan minat dan kecintaan serta cita –citanya. Sesuai Permendikbud nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Perguruan Tinggi wajib memberikan hak bagi mahasiswa untuk secara sukarela antara lain dapat mengambil SKS diluar perguruan tinggi sebanyak 2 semester setara dengan 40 sks ditambah lagi dapat mengambil sks di prodi yang berbeda di PT yang sama sebanyak 1 semeter setara dengan 20 sks.

Leave a Reply

Your email address will not be published.