Catatan Akhir Tahun Rektor UIN STS Jambi

Catatan Akhir Tahun Rektor UIN STS Jambi

CATATAN AKHIR TAHUN REKTOR

SELAMAT TINGGAL 2020

SELAMAT DATANG 2021 YANG MENJANJIKAN

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Teman2 para pejabat UIN SUTHA sekalian yang baik.

Tepat jam 00.00 malam ini kita mengakhiri 2020 dan memasuki 2021. Tahun anggaran 2020 berakhir dan kita memulai tahun anggaran 2021. Perjalanan waktu yang tidak seorangpun dapat menundanya.

Selama 12 bulan kita bekerja untuk lembaga UIN SUTHA yang kita cintai ini kita sudah melihat hasil sementara yang luar biasa, jika kita melihatnya dari perspektif penghargaan terhadap waktu dan tenaga yang sudah kita dedikasikan. Memperoleh ranking dunia 485 UI Green Matric World University Ranking, ranking 40 Indonesia tentu yang paling utama dan sejumlah kemajuan yang sangat berarti lainnya.

Kemajuan lain yang sangat signifikan diantaranya yang perlu kita sampaikan adalah:

1.         Pencapaian akademik ada yang melebihi target sampai 4 tahun

2.         Pencapaian pembangunan fisik yg luar biasa, khususnya fasilitas olah raga dan Compact Eco-Edu Tourism

3.         Penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat

4.         Pencapaian IKU di semua lini yang sangat baik

5.         Peningkatan semangat kerja secara collegial

6.         Dan sekarang juga kita sudah submit adalah Zona Integritas dengan estimasi nilai 80,2 dibanding nilai 20an tahun lalu.

Kita juga memperoleh kinerja keuangan yang relatif bagus, karena kita berada pada urutan terbaik lima dari 58 PTKIN yang ada.

Imej UIN SUTHA di tengah masyarakat Jambi secara khusus dan jejaring kita yang berada di luar Jambi secara umum juga bergerak positif dengan sangat berarti.

Sejauh ini gangguan dari orang-orang yang bermaksud merusak reputasi lembaga kita juga relatif semakin membaik seiring dengan semakin berkurangnya orang-orang kita yang sengaja mengirimkan berita-berita dan informasi tidak baik tentang UIN SUTHA.

Dari waktu ke waktu saya menyaksikan keakraban kita antara sesama pejabat juga sudah semakin bagus, saling memberi masukan atau pendapat dengan bahasa yang sopan. Tujuan dari kepemimpinan collegial (pertemanan atau persahabatan) sudah semakin nampak.

Alhamdulillah sampai saat ini dan kita doakan selalu bahwa tidak keluarga besar UIN SUTHA yang terpapar covid-19, disamping memang taqdir Tuhan, tentu karena ketaatan kita semua dengan protap covid-19 kapan dan dimana saja kita berada.

Hoaks, saling fitnah dan adu domba diantara kita juga sudah jauh berkurang. Walau terkadang ada upaya dari pihak luar atau pihak dalam tertentu yang mempunyai maksud tertentu, tetapi masing-masing pejabat mampu mengatasi atau memperlurusnya dengan baik.

Para staf Satpam juga sudah bekerja semakin profesional sehingga terasa bahwa mereka menampilkan wajah UIN yang semakin mendunia di depan gerbang masuk UIN SUTHA.

Informasi yang saya peroleh menyatakan bahwa mahasiswa dan para orang tua sudah jauh lebih berbangga menyatakan mereka mahasiswa atau orang tua yang anaknya sedang kuliah di UIN SUTHA.

Bapak2/Ibu para pejabat sekalian!

Semua itu adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi Bapak2/Ibu2 para pejabat sekalian. Saya sangat bangga telah menunjuk Bapak2/Ibu2 sebagai pejabat yang membantu saya. Saya lebih berbangga lagi karena saya tidak salah dalam menunjuk Bapak2/Ibu2 sekalian karena sudah terlihat kinerja masing-masing. Dari hati yang paling dalam saya sungguh sangat senang berada di tengah-tengah Bapak2/Ibu2 sekalian.

Sebagian besar saya punya catatan pinggiran kecil saja. Terkeculi sangat sedikit sekali catatan sedang, itupun belakangan sebagiannya sudah dapat saya pindahkan ke kolom catatan kecil karena dalam sekitar 3 bulan terakhir telah terjadi perubahan signifikan.

Menghadapi tahun anggaran 2021 tugas kita sedikit lebih berat. Borang ranking SDGs akan kita naikkan. Borang UI Green Metric juga harus disiapkan.. Sementara jumlah mahasiswa harus kita tingkatkan secara signifikan.

Pembangunan perubahan wajah fisik juga akan kita teruskan dan diupayakan selesai 2021. Sementara pembinaan bakat dan minat mahasiswa akan mulai secara massif kita laksanakan.

Kerja sama national yang bergengsi dan internasional akan kita massifkan seiring dengan kelonggaran protap covid-19. Mendatangkan mahasiswa dari provinsi bagian Timur Indonesia dan juga akan kita upayakan.

Kalau boleh saya menyebut hal yang paling berat adalah memperbaiki cara kerja semua kita melayani orang lain. Dengan imej nama besar ranking dunia, masyarakat luas akan berekspektasi layanan prima standar internasinal. Artinya, layanan serba cepat, tepat, terhormat, penuh keramahan, bersih, rapi, sesuai aturan, nyaman, mengerti dengan urusan yang berstandar internasional dan seterusnya. Akan ada kemungkinan orang-orang lain akan studi banding ke tempat kita, di mana pada waktu itu layanan kita ada layanan internasional.

Hal penting lainnya di 2021 adalah sbb:

Ketepatan waktu menjadi sangat penting mulai 2021 ini, William Shakespeare mengingatkan kita

Better three hours too soon than a minute too late. – William Shakespeare.

Lebih baik tiga jam lebih awal daripada terlambat satu menit. – William Shakespeare. Karena satu menit terlambat bisa kita kehilangan kesempatan seumut hidup. Saya menyebutnya kita tidak boleh kehilangan momentum.

Kita juga diingatkan oleh Harvey Mackay

“Time is free, but it’s priceless. You can’t own it, but you can use it. You can’t keep it, but you can spend it. Once you’ve lost it you can never get it back. Harvey Mackay

Waktu itu gratis, tapi tak ternilai harganya. Anda tidak dapat memilikinya, tetapi Anda dapat menggunakannya. Anda tidak bisa menyimpannya, tetapi Anda bisa membelanjakannya. Sekali Anda kehilangannya, Anda tidak akan pernah bisa mendapatkannya kembali.

Charles F. Kettering juga mengingatkan kita bahwa “You can’t have a better tomorrow if you are thinking about yesterday all the time”.

Anda tidak dapat memiliki hari esok yang lebih baik jika Anda terus memikirkan tentang kemarin.

Therefore, think about the day after tomorrow and so that there is a possibility that you will have a better tomorrow (Kosan Dhila: Suaidi: 31/12/20).

Karena itu pikirkanlah hari setelah hari esok baru kemudian ada kemungkinan anda mempunyai hari esok lebih baik (Kosan Dhila: Suaidi: 31/12/20).

Henry Kissinger juga mengingatkan bahwa: “The task of the leader is to get their people from where they are to where they have not been.” —

Tugas seorang pemimpin adalah membawa orang-orangnya dari tempat mereka sekarang ke tempat yang belum pernah mereka kunjungi. Karena itu selalulah berpikir sekian tahun mendahului hari ini supaya kita bisa membawa orang yang kita pimpin ke tempat yang belum pernah mereka kunjungi itu (Kosan Dhila: Suaidi: 31/12/20).

Teman-temanku sekalian yang baik: Good leaders solve the problems; great leaders anticipate the problems so that the problems will never occur. (Kosan Dhila: Partly Suaidi: 31/12/20).

Pemimpin yang baik menyelesaikan masalah, pemimpin yang besar mengantisipasi supaya masalah tidak pernah terjadi. Karena itu simulasi progresif 5W1H dan turunannya menjadi sangat penting.

Brian Tracy mengingatkan kita semua bahwa “Leaders think and talk about the solutions. Followers think and talk about the problems.” Karena itu jika jika setiap datang menghadirkan masalah bukan menawarkan solusi maka kita berubah posisi menjadi pengikuti, tidak lagi pemimpin yang layak diikuti (Kosan Dhila: Suaidi: 31/12/20).

Terakhir Steve Jobs juga mengingatkan kita bahwa  “Innovation distinguishes between a leader and a follower.” Inovasilah yang membedakan antara seorang pemimpin dengan seorang pengikut. Sementara ini kita semua ini adalah pemimpin sesuai dengan level kita masing-masing.

There is no such a happiest happiness but to make other people feel happier. And I do hope that all of you are “the other people”. (Kosan Dhila: Suaidi: 31/12/20).

Tidak ada kebahagiaan yang paling membahagiakan selain membuat orang lain merasa lebih bahagia dalam hidupnya. Dan saya berharap Anda semua adalah “orang lain” itu.

Selamat tinggal 2020. Selamat dan sehat selalu menghadapi tahun penuh peluang 2021.

Mari kita tutup pintu 2020 dengan penuh senang dan kebahagiaan. Kita buka gerbang 2021 dengan penuh semangat dan harapan baru bagi UIN SUTHA yang sudah mendunia.

Selamat tahun baru juga bagi teman2 para pejabat yang baik yang merayakan dan menunggu tahun baru di tempat pilihan masing-masing.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Rektor,

Su’aidi

Leave a Reply

Your email address will not be published.