Tingkatkan Minat Masuk PTKIN, Rektor UIN Sutha Diskusi Bersama Direktur KSKK Madrasah Kemenag RI

Tingkatkan Minat Masuk PTKIN, Rektor UIN Sutha Diskusi Bersama Direktur KSKK Madrasah Kemenag RI

Rektor Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin (UIN Sutha) Jambi Prof. Dr. H. Su’aidi, MA., Ph.D melakukan kunjungan dan diskusi bersama Direktur Kurikulum Sarana Prasarana Kesiswaan dan Kelembagaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama RI Dr. H. A Umar, MA, Kamis (21/01/2021).

Kunjungan ini untuk menjawab dan mencari solusi atas keresahan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia, karena kurangnya minat siswa madrasah melanjutkan pendidikan di PTKIN.

Rektor UIN SUTHA Jambi menyampaikan secara umum Visi Misi, Program Kerja, Prestasi serta rencana besar yang akan dilakukan.

“Visi UIN Sutha saat ini adalah menjadi Universitas Islam sebagai Lokomotif Perubahan Sosial Unggul Nasional Menuju Internasional dengan Semangat Moderasi dan Entrepreneurship Islam. Sesuai dengan visi, UIN Sutha ingin menjadi yang terdepan dan model ikutan bagi masyarakat,”jelasnya.

UIN Sutha sudah mengambil langkah untuk mewujudkan visi misi yang diprogramkan, termasuk bagaimana meningkatan jumlah dan kualitas mahasiswa dan menarik minat siswa madrasah untuk kuliah di UIN Sutha.

Mendengar pemaparan Rektor, Direktur KSKK Madrasah Kementerian Agama RI sangat mengapresiasi program kerja yang sudah dilakukan di UIN Sutha. “Saya menjadi bersemangat dan optimis dengan hasil kerja dari UIN Sutha yang disampaikan oleh Rektor.,”kata Direktur KSKK Madrasah diruangan kerjanya.

Dr. H. A Umar, MA memberi dukungan penuh kepada UIN Sutha dan mensosialisasikan kepada  madrasah untuk memfasililitasi alumninya masuk ke PTKIN khususnya UIN Sutha Jambi. Sebagai langkah awal, UIN Sutha Jambi dan Direktorat KSKK Madrasah Kemenag RI akan melakukan kerjasama.

“Sebagai langkah awal kita akan melakukan kerjasama, setelah itu akan melakukan sosialisasi dengan mengumpulkan Kepala Madrasah dan siswa kelas XII, terutama MAN Insan Cendikia (IC) dan Madrasah Unggul lainnya. Pada kesempatan itulah, saya dan Rektor akan menyampaikan Fasilitat apa saja yang akan diperoleh Alumni madrasah untuk masuk ke PTKIN,”ungkapnya.

Direktur KSKK Madrasah menyampaikan, bahwa Beasiswa Prestasi untuk alumni terbaik tiap-tiap Madrasah akan dibagikan. Mengenai Kuotanya untuk UIN SUTHA Jambi nanti akan tertuang dalam perjanjian kerjasama.

Selain itu, Direktur juga meminta kepada Rektor UIN SUTHA Jambi untuk membentuk kelas Internasional dengan menggunakan pengantar bahasa asing. “Pembukaan kelas internasional adalah salah satu yang kita tawarkan kepada alumni terbaik madrasah akan bergabung ke UIN SUTHA Jambi di samping Fasilitas sarana dan Prasarana serta Fasilitas lain yang akan ditawarkan oleh UIN SUTHA Jambi nantinya,”tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.