Pusat Kajian  Gelar Pembinaan Menulis Bagi youth volunteer

Pusat Kajian Gelar Pembinaan Menulis Bagi youth volunteer

Setelah dikeluarkanya SK Rektor 25 september 2020, Pusat Kajian Sains Layanan Produk Halal Dan Sertifikasi Haji Serta Umroh mulai mengepakkan sayap. Meski dalam pandemi covid-19, tidak menyurutkan Pusat kajian ini untuk terus bergerak.

Kegiatan awal diinisiasi dengan merekrut youth volunteer yang berasal dari berbagai Prodi di UIN Sulthan Thaha Saifuddin (UIN Sutha) Jambi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi di kalangan mahasiswa.

Harapan dari kegiatan ini adalah, meningkatnya kemampuan menulis artikel oleh mahasiswa. Artikel yang dibidik adalah artikel nasional sebagai wahana proses pembelajaran.

Hasil karya youth volunteer nantinya akan sangat bermanfaat untuk disematkan di SKPI dan sebagai modal pencarian beasiswa oleh mahasiswa itu sendiri. Ada beberapa langkah yang dilalui para seleksi salah satunya wawancara via daring. Setelah itu dilakukan berbagai analisis pertimbangan, kemudian pihak pusat kajian mengumumkan youth volunteer yang lolos melalui pengumuman dengan jumlah 9 orang mahasiswa.

Kegiatan pembinaan menulis youth volunteer dilakukan secara daring dan dibuka oleh Ketua Pusat Kajian Drs. Tarmizi, M.H.I. Kemudian materi disampaikan oleh tim pembina riset di pusat kajian ini yaitu Dr. Tanti, S.Si., M.Si., Dr. Titin Agustin Nengsih, S.Si., M.Si., Wiji Utami, M.Sc., dan Deliza, M.Si.

Materi yang diajarkan adalah Pengenalan pusat kajian, Manger Reference, Tips menulis artikel nasional, Zat aditif dan Bahan Berbahaya Beracun (B3), Trend dan Perkembangan riset halal terkini di bidang halal, Teknik parafrase, dan literature review. Kegiatan ini masih berlanjut hingga saat ini dan terus dilakukan proses pembelajaran untuk meningkatkan literasi di kalangan mahasiswa. Selain itu, untuk menunjang data akreditasi bahwa karya kolaborasi dosen dan mahasiswa yang diakui adalah karya yang telah dipublikasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.