UIN Jambi Mendorong Pemuda Menjadi Enterpreneur

UIN Jambi Mendorong Pemuda Menjadi Enterpreneur

Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Dr. H. Amar Ahmad,M.Si. memaparkan tentang peluang pendanaan dan pembinaan generasi muda PTKIN melalui PTKIN dalam rapat kerja UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Rabu (27/01/2021).

Amar menyampaikan, 5 program yang menjadi prioritas kemenpora tahun 2020 – 2024. Salah satunya pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri, dan berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan.

Dan pembangunan kepemudaan diarahkan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia, pembangunan karakter kebangsaan (nation building) dan partisipasi pemuda diberbagai bidang pembangunan, terutama bidang ekonomi, sosial budaya, iptek dan politik, serta memiliki wawasan kebangsaan dan beretika bangsa Indonesia.

Ketika berbicara tentang pemberdayaan pemuda, tentu tidak terlepas dari organisasi kepemudaan. Di Indonesia, ada tiga organisasi yaitu kepemudaan, kepelajaran, dan mahasiswa. “Ini menjadi tantangan bagi kita, karena itu mereka harus mendapatkan pembinaan. Sebagai Lembaga Pendidikan, UIN Jambi harus mendorong organisasi pemuda apapun yang penting jangan berbasis radikal atau bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila,”ujarnya.

Kemudian disampaikan Sekretaris Deputi Kemenpora, bahwa kita perlu membuka ruang wirausaha yang banyak.  Dalam 2 tahun terakhir, Kemenpora memiliki program kuliah kewirausahaan bagi  pemuda. Kemenpora bekerjasama dengan sejumlah kampus untuk memberi ruang dan pencerahan agar organisasi dikampus dapat mengembangkan diri.

“Kemenpora juga masuk ke sejumlah Pesantren, dan ini juga bersentuhan dengan teman-teman Kementerian Agama. Di pesantren, kami mendorong agar siswa dapat menjadi enterpreneur, tidak hanya mengurusi kitab kuning saja,”ungkapnya.

Pembangunan kepemudaan hari ini diarahkan pada kualitas sumber daya manusia pembangunan karakter kebangsaan nasional dan partisipasi pemuda di berbagai bidang pembangunan, baik bidang ekonomi sosial budaya politik dan khususnya wawasan kebangsaan serta bagaimana pemuda bisa beretika “Semoga UIN Jambi bisa menjadi mercusuar bagi pemuda untuk mendorong  menjadi entrepreneur yang kuat,”tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.