Pentingnya Literasi Digital, Pusat Kajian Adakan Webinar Bagi Mahasiswa

Pentingnya Literasi Digital, Pusat Kajian Adakan Webinar Bagi Mahasiswa

Meningkatkan pemahaman mengenai perlindungan data dalam dunia digital bagi mahasiswa, Pusat Kajian Masyarakat Digital UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (UIN Sutha) menyelenggarakan Webinar Literasi Digital Series I dengan tema “Perlindungan Data dan Kebebasan Berekspresi Di Dunia Maya”, kamis 25 Maret 2021.

Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama dari beberapa rangkaian kegiatan Pusat Kajian Masyarakat Digital. Salah satunya adalah Program Literasi Digital untuk Mahasiswa. Lebih dari 210 peserta yang terdiri dari mahasiswa UIN Jambi yang berasal dari berbagai program studi dan berbagai fakultas mengikuti kegiatan ini.

Hadir sebagai narasumber, Ade Novia Maulana, M.Sc. Dosen Prodi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi memaparkan pentingnya memahami tentang perlindungan data. Hal apa saja yang boleh dilakukan dan tidak dilakukan ketika menggunakan media digital. Serta pentingnya membatasi diri dalam berekspresi di dunia maya. Karena melakukan interaksi di dunia maya maupun dunia nyata adalah sama dan akan ada konsekuensi dari tindakan tersebut.

Ketua Pusat Kajian Masyarakat Digital, M.Yusuf, S.Kom., M.S.I. selaku panitia mengatakan, dengan terselenggaranya kegiatan literasi digital ini mengharapkan mahasiswa mampu meningkat pengetahuan di bidang teknologi digital. Sehingga mahasiswa dapat menerapkan transintegrasi ilmu. Dan mampu mengembangkan ilmu UIN Sutha dan juga salah satu upaya untuk menaikkan ranking WeboMetric dan UniRank.