Akreditasi Prodi Fisika, BAN PT Asesmen Lapangan Daring

Akreditasi Prodi Fisika, BAN PT Asesmen Lapangan Daring

Program Studi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi melaksanakan Asesmen lapangan daring oleh BAN PT pada hari Rabu dan Kamis tanggal 31 dan 1 April 2021, dengan menggunakan aplikasi zoom.

Acara dibuka oleh Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr.Rofiqoh Ferawati, SE. M. EI  menyampaikan Program Studi Fisika pada dasarnya sudah melakukan pembangunan yang berkaitan dengan peningkatan mutu dan juga sudah melakukan review borang 9 kriteria dengan ahlinya sebelum di review oleh asesor.

“Semoga usaha yang sudah dilakukan tim borang mendapatkan hasil yang memuaskan untuk kita semua serta masukan dari asesor nanti dapat diperbaiki sebaik mungkin,”harapnya.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Iskandar, M.Pd.,M.S.I.,Ph.D mengucapkan terima kasih kepada para pimpinan universitas dan pimpinan civitas akademika Fakultas Sains dan Teknologi terutama tim akreditasi Program Studi Fisika serta stake holder yang terkait yang sudah mensupport Fakultas Sains dan Teknologi.

“Akreditasi ini perdana bagi Fakultas Sains dan Teknologi dan Program Studi Fisika. Sangat penting untuk mulai membangun dan mengimplementasi standar Perguruan Tinggi nasional yang telah ditetapkan untuk memenuhi standar akreditasi yang menyediakan layanan pendidikan yang bermutu,”jelasnya”.

Dalam perjalanan 1 tahun Fakultas Sains dan Teknologi sudah menyampaikan laporan kinerja secara utuh kepada BAN-PT. Dan hari ini, 31 maret sampai 1 April 2021 dilakukan asesmen lapangan secara daring untuk memastikan laporan evaluasi diri (LED) dan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS).

“Menjadi kebanggan bagi kami, 1 tahun perjalanan prodi sudah berjalan sesuai dengan sistem dan standar mutu yang ditetapkan secara nasional dan tentu kami siap menerima arahan dan catatan dari Asesor Ban-PT untuk perbaikan kedepannya dan meningkatkan kualitas dari akreditasi.”jelasnya”.

Ketua Program Studi Fisika Vandri Ahmad Isnaini, S.Si.,M.Si mengatakan kegiatan inti asesmen lapangan terdiri dari beberapa sesi, yaitu: penilaian Fakultas, Program Studi, Mahasiswa, Dosen, dan Tenaga Kependidikan.

Dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan semangat baru untuk Program Studi Fisika dalam meningkatkan kualitas layanan akademik dan non akademik serta turut serta dalam memajukan riset maupun pengabdian kepada masyarakat.

“Program Studi Fisika bersama Fakultas Sains dan Teknologi sangat berharap untuk mendapatkan penilaian terbaik dari kegiatan ini sehingga memberikan kebanggaan kepada kami untuk turut serta memajukan pendidikan tinggi di Indonesia khususnya Provinsi Jambi.”ungkapnya”.

Turut hadir pada acara ini Kepala Biro AAKK, Para Pimpinan Fakultas Sains dan Teknologi Ketua LPM, Dosen dan Mahasiswa di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi.

Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Drs. Johan Andoyo Effendi Noor, M.Sc.,Ph.D dari Universitas Brawijaya dan Dr. Mitrayana, S.Si.,M.Si dari Universitas Gajah Mada.