Pembukaan Seleksi Kontingen Menuju PKM II

Pembukaan Seleksi Kontingen Menuju PKM II

Pandemi Covid-19 tidak menurunkan semangat mahasiswa Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin (UIN STS) Jambi untuk mengikuti pembukaan seleksi kontingen. Mahasiswa yang lolos seleksi akan mengikuti Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) II se-Sumatera di UIN Imam Bonjol Padang.

Rektor Membuka Seleksi Kontingen UIN STS Jambi, Menuju PKM II di Padang

Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. H. Su’aidi, MA.,Ph.D, mengatakan bahwa seleksi ini bertujuan mencari mahasiswa-mahasiswa unggul untuk mengikuti Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) II.

“Seleksi ini, untuk mencari bibit-bibit unggul mahasiswa dalam cabang olahraga, seni, dan karya ilmiah. Untuk itu, peserta harus bersungguh-sungguh,”kata Rektor.

Ia menambahkan, saat ini kita sedang mempercepat proses pembangunan sarana dan prasarana olahraga, sebab, olahraga tidak hanya membuat badan sehat. Tetapi juga membentuk jati diri, karena ada kompetisi yang menuntut sportifitas dan taat aturan.

“UIN STS Jambi sedang membangun fasilitas olahraga untuk meningkatkan daya saing atlet. Dengan kegiatan ini akan membentuk pribadi yang objektif,”lanjut Prof. H. Su’aidi, MA.,Ph.D.

Sementara itu, Wakil Rektor III, Bahrul Ulum menjelaskan, sebanyak 395 mahasiswa dari 7 Fakultas di UIN STS Jambi mengikuti seleksi ini. Mempertandingkan 24 cabang lomba, yang terdiri  dari 7 cabang lomba ilmiah, 6 cabang lomba olahraga, 9 cabang lomba seni, dan 2 cabang lomba riset.

“Cabang lomba yang kita seleksi merujuk pada cabang lomba Pekan Ilmiah Olahraga, Seni dan Riset (PIONIR) nanti. diharapkan seleksi kontingen PKM II akan berlangsung dengan lancar,”jelasnya.

Ia menambahkan, dari hasil seleksi kontingen PKM ini, sesegera mungkin kita akan melakukan evaluasi masing-masing cabor, apakah mereka dapat mencapai target atau tidak. Proses seleksi dan pembinaan cabang olahraga menjadi tanggung jawab fakultas di lingkungan UIN STS Jambi.

“Fakultas mendapat tugas untuk menyeleksi cabang olahraga yang telah ditentukan, dan peserta  wajib memenuhi ketentuan seleksi. Selain itu kita dapat segera mengevaluasi hasil dari seleksi ini,”ungkap Bahrul Ulum.

Hadir dalam pembukaan tersebut, Wakil Rektor I, Kepala Biro AAKK, Dekan, Wakil Dekan III di lingkungan UIN STS Jambi dan peserta seleksi.