Fakultas Dakwah Gelar Dialog Ramadhan  : “Green Muslim dan Pembangunan Berkelanjutan”

Fakultas Dakwah Gelar Dialog Ramadhan : “Green Muslim dan Pembangunan Berkelanjutan”

Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin Jambi gelar Program Dialog Ramadhan, disiarkan langsung melalui Radio Sutha channel 107.7 FM Mengusung Tema “Green Muslim dan Pembangunan Berkelanjutan”, Kamis (29/04).

Dialog ini menghadirkan tiga pemateri, yaitu Dosen Jurnalistik Islam, Arfan; Ketua Pusat Kajian Lingungan Hidup , Syukra Ningsih, M.Si., dan Sekretaris Pusat Kajian Sustainable Development Goals  (SDGs), Melda Taspika, M.Si.

Green Muslim adalah konsep muslim ideal yang peduli terhadap lingkungan, atau peduli lingkungan dengan sudut pandang Islam. Konsep ini bertujuan untuk mengedukasi dan memberikan kesadaran kepada masyarakat muslim tentang pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan ” jelas Ningsih.

Ningsih menambahkan, sebagai wujud kepedulian UIN STS Jambi terhadap lingkungan, beberapa program unggulan sudah. “Seperti penambahan kurikulum berbasis lingkungan, manajemen pengelolaan sampah, dan pemanfaatan green energy,”tambahnya.

UIN STS Jambi memberikan perhatian penuh dalam bidang Lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. “Kami berkomitmen untuk mengedukasi dan menunjang pilar-pilar SDGs, khususnya dalam bidang lingkungan, sosial, ekonomi, dan tata kelola lingkungan” papar Melda Taspika.

Dialog Ramadhan ini adalah Program Rutin Fakultas Dakwah yang bekerjasama dengan Radio Sutha, menyiarkan kajian-kajian Ramadhan berbasis Keislaman dan Keilmiahan.