UIN Sutha Akan Kembangkan Budidaya Lebah

UIN Sutha Akan Kembangkan Budidaya Lebah

UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi bekerjasama dengan Candra Lela, rumah madu hutan Jambi mengembangkan budi daya lebah di lahan yang tersedia.

Ini merupakan pengembangan edu compact tourism yang terintegrasi dengan budidaya lebah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan produktivitas dan pendapatan BLU UIN Sutha.

UIN Sutha saat ini tengah berusaha menambah pendapatan BLU, salah satunya melalui budi daya lebah. “Kami berusaha meningkatkan pendapatan BLU, sehingga dapat menjadi yang terbaik,”ujar Rektor di ruang kerjanya

Salah satu alasan pengembangan budi daya lebah ini, karena pohon akasia banyak tumbuh di lingkungan UIN Sutha. Nantinya akan dibuat budi daya lebah dengan jumlah 500 koloni.

Rektor UIN Sutha, Prof. Dr. H. Su’aidi,MA.,Ph.D sangat mengapresiasi pertemuan dengan Candra Lela. “Segera realisasikan budidaya madu di lahan yang tersedia , dengan budidaya ini diharapkan akan menghasilkan kualitas madu yang siap di ekspor,”jelas Rektor.

Sementara itu, tenaga ahli Pusat Bisnis, Habibi menyampaikan, banyak manfaat bisa dihasilkan dari budidaya madu. “Selain madu, lilinnya bisa di gunakan untuk pembuatan sabun, minyak rambut dan penelitian,”ungkapnya.  

Habibi melanjutkan, untuk jangka panjang, madu akan di eksport ke singapura dan afrika. sehingga hasil pengelolaan  dapat meningkat kan pendapatan BLU.