Sutha Care : Wujudkan Kesamarataan Dengan Donasi dan Berbagi

Sutha Care : Wujudkan Kesamarataan Dengan Donasi dan Berbagi

Dengan membangun semangat tolong menolong UIN Sutha Jambi mengajak berbagai pihak untuk saling peduli dan berbagi pada kegiatan Sutha Care dan Gebyar Ramadhan bersama DWP, minggu (2/5) di Kampus I UIN Telanai.

Minggu ini adalah minggu ketiga pelaksanaan pengumpulan donasi dan berbagi dalam rangka untuk memberikan kesamarataan bagi masyarakat. Hal ini merupakan salah satu tujuan SDGs yang saat ini menjadi kegiatan yang akan rutin UIN Sutha Jambi laksanakan. Selain itu kegiatan ini untuk menunjang salah satu borang perankingan dunia.

Kegiatan Sutha Care ini adalah hasil kolaborasi Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) , 16 Pusat Kajian dan DWP UIN Sutha Jambi dan berbagai instansi terkait. Dengan cara mengumpulkan barang layak pakai yang didonasikan masyarakat selanjutnya diberikan kembali ke masyarakat dengan syarat memberikan donasi seikhlasnya.

Rektor UIN Sutha Jambi Prof. Dr. H. Su’aidi menyampaikan, sebagai lembaga pendidikan islam UIN akan tetap selalu berdakwah dengan islam yang moderat. Saat ini, UIN sedang mengembangkan diri untuk bekerja dan melaksanakan dakwah tidak hanya bil lisan tetapi juga dengan bil hal. Yaitu dengan membentuk 16 pusat kajian yang melaksanakan berbagai kegiataan tidak hanya berdakwah tetapi juga meningkatkan perankingan dunia.

Ia menambahkan, kedepannya kegiatan-kegiatan ini tidak hanya menjadi kegiatan UIN Sutha Jambi tetapi juga masyarakat luas dapat mengikutinya. Dengan semangat tolong menolong dan membangun semangat saling berbagi secara terus menerus. Selain itu, UIN juga berencana melakukan pinjaman ringan kepada UMKM untuk memutus mata rantai rentenir.

“Hari ini UIN Sutha Jambi  tidak lagi  hanya berceramah di masjid, namun juga terlibat dalam kehidupan sosial. Mulai dari kemiskinan, kelaparan, KDRT, lingkungan hidup dan lainnya untuk membuat masyarakat lebih baik dari hari ini” ucap rektor.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang hadir pada kegiatan ini. Dari pihak luar diantaranya: Kepala OJK Provinsi Jambi, Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Kepala Area Manager Bank Syariah Indonesia Jambi. Dan juga pihak internal yaitu Wakil Rektor, Dekan, Ketua DWP, Kepala Pusat Kajian dan jajaran pimpinan di lingkungan UIN Sutha Jambi.

Pada kesempatan ini pula UIN Sutha Jambi menyerahkan bantuan dari kepada yatim piatu, janda, dhuafa dan pengurus masjid.