UIN Sutha – UI Sepakat Tandatangani MoU

UIN Sutha – UI Sepakat Tandatangani MoU

Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi sepakat tandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Indonesia.

Penandatanganan MoU UIN Sutha-UI

Penandatangan MoU meliputi kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian di Aula UI Depok, Rabu (19/05/2021).

Rektor UIN Sutha Jambi Prof. Dr. Su’aidi,Ph.D Jambi, menyampaikan,bahwa MoU harus secepatnya ditindaklanjuti dengan kegiatan pendukung.

Ia menceritakan, setelah dilantik Menteri Agama pada 16 Oktober 2019 lalu, sejak itulah, kemudian saya melihat apa yang dapat saya lakukan untuk UIN bagi Jambi dan bagi Indonesia.

Rektor melanjutkan, bahwa selama ini Pendidikan di Indonesia menganut dikotomi Pendidikan agama dan umum setidaknya sampai 2002.

Sebagai PTKIN, kita membahas shalat, zakat, puasa, dan haji membimbing orang. Sementara bahasan jembatan, sungai, sains teknologi, rumah sakit menjadi urusan perguruan umum.

Setelah transformasi menjadi UIN ada keinginan untuk mengintegrasikan ilmu agama dan umum. Orang yang ahli agama pada saat yang sama juga bisa menjadi scientist dan scientist memahami agama. Kemudian kita mengusung yang disebut dengan paradigma Trans integrasi ilmu.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA, mengatakan Universitas Indonesia menyambut baik kerjasama ini.

“Sebagai institusi pendidikan tinggi negeri tertua di Indonesia, UI berkomitmen terus melakukan sinergitas yang lebih baik dengan seluruh Lembaga. “Kita sangat terbuka sekali untuk melakukan kerjasama dengan UIN Sulthan Thaha Saifudin Jambi dalam konteks penguatan Tri Dharma perguruan tinggi,”ujarnya.

Ia melanjutkan, ada enam point yang menjadi pokok dalam kerjasama ini. pertama penyelenggaraan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kedua penyelenggaraan kolaborasi riset dan pengembangan sumber daya yang ketiga adalah penyelenggaraan kegiatan kajian ilmiah, seminar dan lokakarya. Keempat pertukaran mahasiswa dalam implementasi kegiatan, yang kelima adalah penelitian dan pengembangan hutan kampus UIN Sulthan Thaha Saifudin Jambi dalam pembuatan herbal Techno Park dan yang keenam adalah penyelenggaraan pendampingan sustainable Development Goals (SDGs) dan Green campus UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.