Pembukaan PKM II PTKIN se-Sumatera

Pembukaan PKM II PTKIN se-Sumatera

Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) II Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Sumatera dibuka, Kamis (27/05/2021).

Melalui aplikasi zoom, Rektor beserta Wakil Rektor III, Kepala Biro AAKK, dan Koordinator PKM II UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi mengikuti pembukaan PKM II di rumah moderasi.

PKM II dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP. Dalam sambutan pembukaan, beliau menyampaikan pentingnya mempertegas internalisasi nilai-nilai keislaman dalam semua aspek dan rangkaian perlombaan.

“Saya mengucapkan selamat berjuang kepada semua PTKIN peserta kontestasi. Ajang ini hendaknya tidak hanya dijadikan untuk mengasah potensi mahasiswa, namun juga mempertegas nilai-nilai keislaman sebagai karakter mereka”, ungkap beliau.

Ia juga berpesan bahwa pertandingan dan perlombaan yang akan digelar bukan hanya pertarungan menang kalah saja, tetapi harus dijadikan peluang meraih prestasi dan proses pembelajaran.

“Hasil yang akan didapatkan dalam Pekan Kreativitas tidak hanya memperjuangkan menang kalah. Tetapi, lebih dari itu melahirkan the winner bagi yang berprestasi dan yang belum menang menjadi the leaner,”ujarnya

Turut memberikan sambutan dalam acara pembukaan, Ketua Forum Wakil Rektor III PTKIN, Dr. KH. Isyraqunnajah, menyampaikan bahwa PTKIN memiliki mahasiswa yang kompeten.

“Melalui PKM II PTKIN se-Sumatera ini, kita selayaknya dapat mempertegas distingsi dan kompetensi mahasiswa kita di tengah generasi muda Indonesia umumnya”, tegas beliau.

Sementara dalam sambutan Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Prof. Dr. Eka Putra Wirman, M.A, menegaskan bahwa PKM II PTKIN se-Sumatera adalah ajang menjalin ukhuwah sivitas akademika antar PTKIN se-Sumatera.

“Momen ini harus kita manfaatkan untuk menjaga ukhuwah antar sivitas akademika”, ungkap beliau.

Rektor UIN IB juga menekankan peran PKM II PTKIN se-Sumatera sebagai sarana penguatan potensi mahasiswa.

“Kita memiliki mahasiswa dengan potensi yang amat beragam. Potensi itu terpendam dan kadang tidak terdeteksi. Melalui ajang seperti inilah semua potensi tersebut dapat dieksplorasi untuk membawa nama baik PTKIN secara keseluruhan”, tambah beliau.

 

Sementara itu, Rektor UIN STS Jambi memberi dukungan kepada kontingen PKM II PTKIN se-Sumatera. “PKM merupakan perhelatan 2 tahun sekali, ajang  menunjukkan eksistensi, minat bakat mahasiswa,”ujar Prof.Dr. H. Su’aidi, MA.

Rektor menambahkan, PKM adalah ajang bagi mahasiswa untuk mengaktualisasikan  potensi akademik dan non akademik.

PKM II PTKIN se-Sumatera di UIN Imam Bonjol Padang diagendakan berlangsung dalam dua tahap. Tahap pertama, perlombaan secara daring yang dilakukan mulai tanggal 27 s.d 30 Mei 2021. Sementara tahap kedua, perlombaan secara luring yang rangkaian pelaksanaannya akan dimulai pada 4 Juni hingga 11 Juni 2021. Kegiatan ini diikuti oleh 22 PTKIN se-Sumatera.