Catur Putra Sumbang Emas, UIN Jambi Peringkat 3

Catur Putra Sumbang Emas, UIN Jambi Peringkat 3

Cabang olahraga catur putra sumbang emas bagi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Tambahan emas tersebut merubah posisi UIN Jambi keperingkat 3 pada PKM II PTKIN se-Sumatera.

Izhar Bafadhal Mahasiswa Semester II Program Studi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi berhasil menorehkan prestasi.

Ia berhasil mengalahkan 16 peserta dari PTKIN Se- Sumatera yang dilaksanakan di UIN Imam Bonjol, Minggu (06/06/2021).

Koordinator PKM II, Masiyan sangat berbangga dengan prestasi yang diraih pecatur putra UIN STS Jambi. “Perolehan emas pada cabor catur putra merubah posisi UIN Jambi menjadi peringkat 3,”ujarnya.

Masiyan melanjutkan hasil sementara perolehan medali pada perlombaan luring ini adalah catur putri. Peluang UIN Jambi menambah emas, juga pada cabor silat seni putra.

“Saat ini silat seni putra sudah masuk final, diharapkan kita dapat menambah perolehan medali emas,”ungkapnya  

Sementara itu, Dekan beserta sivitas akademika FST UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi mengucapkan selamat dan sukses atas prestasi yang diraih.

Dekan sangat bangga dapat menyumbangkan mendali emas bagi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi khusunya Fakultas Sains dan Teknologi.

“Kita memiliki mahasiswa dengan potensi yang amat beragam. Potensi itu terpendam dan kadang tidak terdeteksi. Melalui ajang seperti inilah semua potensi tersebut dapat dieksplorasi untuk membawa nama baik PTKIN secara keseluruhan,”ucap Iskandar

Ketua Program Studi Fisika Vandri Ahmad Isnaini, S.Si.,M.Si menyampaikan keluarga besar Program Studi Fisika sangat bangga sekali atas prestasi yang diraih Izhar Bafhadal.

 

Prestasi tidak hanya mengharumkan nama Prodi, Fakultas Sains dan Teknologi, tetapi juga UIN Jambi.

Diharapkan kegiatan seperti ini memberi dampak yang cukup besar bagi mahasiswa di Himpunan Mahasiswa Fisika sehingga lebih semangat dan lebih kreatif lagi di ajang-ajang kegiatan/perlombaan lainnya.

Perlombaan catur yang dimenangkan oleh Izhar ini merupakan sebuah hobi atau bakat yang sangat sejalan dengan keilmuan sains (fisika) yang sedang dipelajarinya.

“Beberapa referensi menyatakan bahwa permainan catur dapat meningkatkan IQ, melatih otak, meningkatkan daya ingat, konsentrasi, daya analisis, penyelesaian masalah, dan kreativitas.”jelas Izhar.

PKM PTKIN Se-Sumatera merupakan ajang penyelenggaraan kompetisi keilmuan, olahraga, seni dan riset tingkat nasional mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) Kementerian Agama RI.