Asesmen Lapangan Daring, Prodi Kimia Harapkan Hasil Terbaik

Asesmen Lapangan Daring, Prodi Kimia Harapkan Hasil Terbaik

Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Prof. Dr. H. Su’aidi, MA.,Ph.D membuka langsung pelaksanaan kegiatan Asesmen lapangan Akreditasi Program Studi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi secara semi virtual di V-Hotel  dan virtual meeting aplikasi zoom yang berlangsung selama 2 hari 7-8 Juni 2021.

Hadir secara langsung Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Kepala Biro AAKK, Kepala Biro AUPKK, Para Dekan, Ketua dan Sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat serta Kepala Pusat Unit serta Tim Akreditasi Program Studi Kimia dan Dosen Civitas Akademika Fakultas Sains dan Teknologi serta Utusan Senat Fakultas Sains dan Teknologi. Sedangkan Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Dr. Bambang Yudono,M.Sc dari Universitas Sriwijaya dan Prof. Dr. Eddy Heraldy, M.Si dari Universitas 11 Maret hadir secara virtual.

Pada kesempatan ini rektor menyampaikan progres perkembangan dan perubahan UIN Sutha Jambi untuk menjadi salah satu kampus bergengsi ranking dunia.

“Proyeksi kami sesuai dengan tahapan road map yang dibuat dalam 2-3 tahun ke depan tidak jauh berbeda dari harapan perguruan tinggi yang ada di Indonesia hari ini.”Ucapnya.

Ia menambahkan, sesuai dengan visi UIN STS Jambi untuk menjadi agen perubahan sosial dalam aspek sosial, budaya, agama, lingkungan hidup termasuk berkaitan Kimia, Fisika dan lainnya.  Selama ini, kita menganut paradigma perguruan tinggi yang dikotomi. Yaitu paradigm yang memisahkan antara agama dan umum. Sampai pada tahun 1999 kita mengenal dikotomi pendidikan agama dan umum. Oleh karena itu, saat ini UIN Jambi menganut dan sedang mengembangkan transintegrasi. Dengan menganut transintegrasi ini meniscayakan profil alumninya menjadi saintis yang ulama dan ulama yang saintis.

Iskandar, M.Pd.,M.S.I.,Ph.D selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi mengucapkan terima kasih kepada para pimpinan universitas dan pimpinan civitas akademika Fakultas Sains dan Teknologi terutama tim akreditasi Program Studi Kimia serta stakeholder yang terkait yang telah mendukung kegiatan ini.

“Akreditasi perdana terutama pada Prodi Kimia sangatlah penting dan strategis sekali untuk memulai membangun dan mengimplementasikan standar perguruan tinggi nasional yang telah ditetapkan UIN STS Jambi untuk memenuhi standar akreditasi nasional dalam menyediakan layanan yang bermutu.”Ucapnya.

Meskipun  Fakultas Sains dan Teknologi baru berjalan selama 2 tahun hal tersebut tidak menjadi halangan bagi Program Studi Kimia untuk mengajukan Borang Akreditasi perdana melalui LKPS dan LED 9 kriteria untuk tahun semester 2019-2020 I TS ke BAN –PT pada akhir bulan desember 2020.

Badariah, M.Pd  Ketua Program Studi Kimia mengatakan terdapat beberapa sesi asesmen pada kegiatan inti asesmen lapangan yang berlangsung selama dua hari ini yaitu: penilaian Fakultas, Program Studi, Mahasiswa, Dosen, dan Tenaga Kependidikan. Ia berharap Asesmen Lapangan Prodi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang terbaik.