Camaru Ujian PMB Secara Online

Camaru Ujian PMB Secara Online

 

UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi kembali mengadakan Ujian Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Jalur Reguler I. Ujian PMB ini berlangsung sejak 8-11 Juni 2021 secara online melalui aplikasi yang dikembangkan oleh tim UTIPD yaitu cbt.uinjambi.ac.id.

Lebih dari 1200 peserta yang terbagi dalam 35 ruang dengan waktu tes selama 3 jam mengikuti ujian dari lokasi masing-masing.

Kepala Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (UTIPD) Aris Dwi Nugroho, MSHS selaku tim panitia mengatakan pelaksanaan ujian berjalan lancar. Hal ini karena tim panitia mendukung penuh pelaksanaan ujian dengan memberikan segala macam fasilitas selama proses pelaksanaan ujian berlangsung.

“Kami memberikan fasilitas terbaik bagi calon mahasiswa untuk mengikuti ujian agar berjalan lancar tanpa kendala. Baik dari jaringan maupun sistem ujian yang digunakan. Untuk itu, tim pelaksana ujian memastikan peserta tidak mengalami kendala dengan melakukan simulasi. Serta mengkondisikan pengawas pada tiap-tiap ruang untuk mendampingi peserta” ucapnya.

Sebelum pelaksanaan ujian tim panitia telah membuat panduan pelaksanaan dan simulasi ujian. Simulasi dilakukan untuk mengecek beberapa hal. Diantaranya simulasi kekuatan server dan simulasi tingkat pemahaman soal bagi peserta. Selanjutnya, saat pelaksanaan ujian berlangsung pengawas dikondisikan untuk fokus dalam mendampingi peserta dalam pelaksanaan ujian berjalan baik dan lancar.

Ia menambahkan, sistem ujian yang dilakukan berbeda dari tahun lalu. Untuk itu, pada ujian kali ini tim panitia memfokuskan pada pendampingan kepada peserta dalam pelaksanaan ujian. Hal ini untuk memastikan layanan baik dari sistem IT maupun jaringan sehingga dapat bergerak cepat mengatasi masalah.

Selama proses ujian yang berlangsung sejak selasa hingga jum’at tidak ditemui kendala yang berarti. Tim panitia juga memfasilitasi peserta yang terhambat kendala saat ujian dengan mengisi form keluhan. Selanjutnya  panitia akan menindaklanjuti hal tersebut dan mengadakan ujian ulang atau kebijakan lain sesuai keluhan yang diajukan.

Hasil Ujian Reguler I sesuai jadwal akan diumumkan sesuai jadwal pada 16 Juni 2021 melalui website www.uinjambi.ac.id. Bagi peserta yang lolos dalam ujian dapat melakukan registrasi ulang pada 18 Juni – 16 Juli 2021.