Digelar Secara Semivirtual AKSI PIAUD 2 Berlangsung Meriah

Digelar Secara Semivirtual AKSI PIAUD 2 Berlangsung Meriah

Digelar Secara Semivirtual AKSI PIAUD 2 Berlangsung Meriah

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi kembali mengadakan Ajang Kreativitas Seni (AKSI Jilid 2). Kegiatan ini merupakan praktikum mata kuliah Seni Rupa dan Seni Bercerita mahasiswa angkatan 2018. Tema dari kegiatan ini ialah “Ukir Kreasi, Ekpresikan Diri”. Kegiatan ini merupakan kegiatan kedua yang dilaksanakan Prodi PIAUD UIN STS Jambi secara Semi Virtual.

Elbi Ardiyah selaku ketua pelaksana menyampaikan bahwa “ukir kreasi” pada tema maksudnya ialah mahasiswa mampu menciptakan produk-produk meskipun dalam masa pandemi. “Ekpresikan diri”, berarti mahasiswa tampil berani dalam menciptakan suatu produk, dengan pameran karya seni rupa serta bercerita baik secara audio maupun audiovisual.
Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa (15/06/2021) pukul 09.00 s.d 12.00 WIB di Auditorium Chatib Quzwein. Selain itu, acara juga disiarkan langsung secara virtual melalui zoom, youtube, serta Instagram PIAUD.
Ridwan, S.Psi, M.Psi.,Psikolog selaku ketua prodi PIAUD UIN STS Jambi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan secara bekerja sama antara dosen dan mahasiswa. Kegiatan ini merupakan bentuk dari ekpresi dalam mewujudkan lokomotif perubahan dan terdepan sesuai dengan visi UIN STS Jambi.

Prodi PIAUD telah mengadakan webinar nasional sebanyak 11 kali, 2 kali seminar internasional, serta kegiatan visiting lecture sebanyak 4 kali. Selain melaksanakan berbagai kegiata, mahasiswa dan dosen PIAUD telah menerbitkan 4 buku referensi dan segera menyusul 4 buah buku lagi yang siap diterbitkan. Buku ini telah tersebar ke berbagai daerah di Sumatera. Di samping itu, Prodi PIAUD melakukan kerjasama dengan RRI Jambi dalam proses pengabdian kepada masyarakat guna membagikan wawasan dan pengetahuan mengenai anak usia dini kepada masyarakat.


Kegiatan AKSI dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi, Ibu Dr. Hj. Fadlilah, M.Pd. Apresiasi yang sangat luar biasa disampaikan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi. Beliau menyampaikan bahwa prodi PIAUD sangat hebat, tanpa henti melakukan kegiatan. Kegiatan-kegiatan tersebut meningkatkan kualitas dari Prodi PIAUD dan semoga Prodi ini terus menjadi contoh bagi prodi lainnya, ucap Dekan FTK. Bu Dekan didampingi Wakil Dekan 2, Dr. Najmul Hayat, M.Pd dan Wakil Dekan 3, Dr. Yusria, M.Ag. berkesempatan melihat hasil karya mahasiswa yang dipajang dan menyatakan bahwa ini bukti bahwa mahasiswa PIAUD menerapkan prinsip entrepreneurship yang sejalan dengan visi misi UIN STS Jambi.
Acara diisi dengan penampilan puisi oleh Hani Reginastiti. Puisi karya Hani berjudul Mahkota Buana sangat menyentuh hati berisi kekecewaan terhadap rusaknya lingkungan oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Dilanjutkan dengan penampilan bercerita oleh mahasiswi PIAUD Retna Wahyuni dengan judul Katak yang Tuli, serta Ariska Safitri yang bercerita tentang Gagak yang Tidak Pernah Bersyukur.


Acara lainnya ialah presentasi pembuatan karya seni rupa oleh Nura Munawarah dan Zulpawati, dilanjutkan dengan pemutaran video sinematik karya-karya mahasiswa Piaud oleh Kurnia. Acara yang dipandu oleh Naelul Fauziah dan Windi Sugiarti diselingi hiburan dari Band PIAUD.


Sebelum ditutup dengan flashmob gerak dan lagu bersama oleh dosen dan mahasiswa PIAUD, diumumkan para pemenang juara Gema Islami se Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yang dilaksanakan oleh sanggar seni PIAUD dengan tema “Contemporary Art” pada Ramadhan lalu.
Para pemenang lomba ialah sebagai berikut.
Kaligrafi Naskah:

Juara 1: Husnul Mubarokah (Pendidikan Agama Islam)
Juara 2: Isa (Pendidikan Bahasa Arab)
Juara 3: Novi Aliyanti (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah)


Lomba Kaligrafi Dekor:
Juara 1: Isa (Pendidikan Bahasa Arab)
Juara 2: Ega Dwi Sahputri (Tadris Matematika)
Juara 3: Ellsy Enasriyani (Pendidikan Agama Islam)


Lagu Religi:
Juara 1: Putri Ayu Nadia (Pendidikan Islam Anak Usia Dini)
Juara 2: Maya Purwanti (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah)
Juara 3: Ellsy Enasriyani (Pendidikan Agama Islam)


Puisi Islami:
Juara 1: Ayu Julianti (Pendidikan Islam Anak Usia Dini)
Juara 2: Miftahul Jannah (Pendidikan Islam Anak Usia Dini)
Juara 3: Nisa Faturrahman (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah)