Pusat Kajian Melayu Gandeng LAM Provinsi Jambi Susun Mulok Budaya Melayu

Pusat Kajian Melayu Gandeng LAM Provinsi Jambi Susun Mulok Budaya Melayu

UIN Jambi melalui Pusat Kajian Melayu, Kultur, dan Peradaban mengandeng Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Jambi dalam Penyusunan Silabus dan Draft Materi Muatan Lokal Budaya Melayu Jambi Berbasis Kurikulum 2013 dan KKNI Perguruan Tinggi. Kegiatan ini berlangsung di Rumah Moderasi Kampus I UIN Telanaipura, selasa(15/6).
Rapat ini dihadiri oleh Ketua Pusat Kajian Melayu Kultur dan Peradaban, H. Mislan, M.Pd, Sekretaris Pusat Kajian Melayu Kultur dan Peradaban, Hendra Gunawan, M.Hum. Dan para undangan dari Lembaga Adat, Muchtar Agus Alif, SH, Harpian Hamzah, dan Dr. Ahmad Ridwan, M.Pd.I, serta Ketua Pusat Kajian Penghafal Al Quran, Dr. Drs. H. Abd Ghaffar, M.Ag, dan Sekretaris Pusat Kajian Penghafal Al Quran, Dodi Harianto, M.Pd.I.


Pada rapat penyusunan silabus dan draf ini menyepakati tiga hal, yaitu rencana judul buku, kisi-kisi materi, dan tim penyusun buku. Untuk merealisasikannya , disepakati pula tahapan yang akan dilaksanakan dalam penyusunan buku mulok ini. Antara lain rapat internal panitia, sosialisasi kegiatan, pelaksanaan webinar dan lokakarya, penetapan tim penyusun. Penyusunan draft silabus dan materi muatan lokal budaya melayu Jambi, pembahasan draft, pencetakan, evaluasi dan penyusunan laporan.  Dalam waktu dekat ini, Pusat Kajian Melayu akan mengadakan webinar dan loka karya yang dijadwalkn pada senin, 28 Juni 2021.


Selanjutnya, pada 4 Oktober 2021 mendatang akan diadakan pembahasan draft Mulok dan dilanjutkan dengan pencetakan hasil silabus mulok pada 18 Oktober 2021. Serta evaluasi serta penyusunan laporan pada 1 November 2021. Lembaga Adat Melayu Provinsi Jambi merespon baik rencana kegiatan ini.
“Penting untuk dilakukan perumusan mata pelajaran berbasis adat budaya melayu Jambi dalam kurikulum sekolah dan Perguruan Tinggi. Jangan sampai masyarakat tidak paham apa itu adat melayu Jambi, apa itu adat secara budaya, adat secara etika, dan adat secara hukum” ucap Muchtar Agus Alif selaku Wakil Ketua LAM Provinsi Jambi.


Sementara itu, Ketua Pusat Kajian Melayu Kultur dan Peradaban UIN STS Jambi, H. Mislan, M.Pd menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang terlibat. Serta turut membantu dalam mensukseskan Penyusunan Silabus dan Draft Materi Muatan Lokal Budaya Melayu Jambi Berbasis Kurikulum 2013 dan KKNI Perguruan Tinggi.
Selanjutnya kegiatan ini akan diteruskan dengan kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan membangun masyarakat Melayu sesuai tujuan SDGs (Sustainable Development Goals). Selain itu, dalam rangka mewujudkan UIN sebagai lokomotif perubahan, Pusat Kajian Melayu Kultur dan Peradaban akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak.  Terutama yang berkaitan dengan penelitian dan pengembangan seni, adat, dan budaya Jambi, jelas Ketua Pusat Kajian Melayu UIN STS Jambi. Muchtar Agus Cholif SH menambahkan jika masyarakat ingin belajar adat dan budaya Jambi, silahkan melihat di akun youtube “sumpit gading damak ipuh chanel”.