3168 Mahasiswa Baru UIN Jambi, Ikuti Pembukaan PBAK

3168 Mahasiswa Baru UIN Jambi, Ikuti Pembukaan PBAK

Sebanyak 3168 mahasiswa baru UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi mengikuti Pembukaan Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) yang berlangsung di halaman Gedung Fakultas B Kampus II UIN Simpang Sungai Duren, Jum’at pagi (9/8).

Pembukaan ini Dihadiri oleh Ketua Senat, Wakil Rektor, Kepala Biro, Dekan, Wakil Dekan dan seluruh jajaran pimpinan di lingkungan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Dalam sambutannya Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Prof. Dr. H. Su’aidi, MA mengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru di kampus ranking dunia lokomotif perubahan.

“Selamat datang di kampus ranking dunia Times Higher Education, lokomotif perubahan yang terdepan dan berwibawa”, ucap Prof. Su’aidi.

Rektor mengapresiasi pelaksanaan pembukaan PBAK tahun ini yang berbeda dari PBAK sebelumnya karena ini pertama kalinya pelaksanaan pembukaan PBAK di ruang terbuka seperti pada hari ini. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran pimpinan, panitia dan seluruh yang terlibat pada persiapan PBAK.

“PBAK merupakan ciri pembeda dari pengenalan mahasiswa baru pada tahun-tahun sebelumnya, karena didalamnya akan dikenalkan bagaimana budaya akademik diantaranya kejujuran, integritas, taat aturan, kebersihan, lingkungan hidup dan lainnya selama 3 hari kedepan”, jelas rector.

Dr. H. Eja Armaz Hardi ,Lc.,M.A Ketua panitia dalam laporannya menyampaikan sebelumnya telah dilaksanakan pra PBAK selama 2 hari sedangkan PBAK  akan berlangsung selama 3 hari dimulai pada hari ini hingga minggu 10 September 2023. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dan berdedikasi tinggi ats terlaksananya kegiatan ini.

PBAK 2023 dibuka secara resmi oleh Ketua Senat UIN Sulthan  Thaha Saifuddin Jambi Prof. Dr. Adrianus Chotib, MA dan ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Rektor didampingi Wakil Rektor, Kepala Biro, dan Dekan fakultas UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa baru berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 4962 Tahun 2016 tentang Pedoman Umum Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Kegiatan ini berfungsi mendidik, membimbing dan mengarahkan peserta untuk mengenali dan memahami sistem Pendidikan di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.