AUDITOR HALAL UIN SUTHA MAGANG DI LPH LPPOM-MUI PROVINSI JAMBI

AUDITOR HALAL UIN SUTHA MAGANG DI LPH LPPOM-MUI PROVINSI JAMBI

Auditor Halal UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi melakukan magang di LPH-LPPOM-MUI Provinsi Jambi.

Pendampingan sertifikasi halal bagi UMKM makanan dan minuman yg dilaksanakan oleh Bank Indonesia kerja sama UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi sudah sampai pada tahap audit. Sebanyak 30 UMKM dikunjungi secara langsung oleh auditor untuk mengecek alat dan bahan serta proses produksi dalam mengolah makanan dan minuman.

Auditor halal dari UIN STS Jambi berjumlah 3 orang yaitu W. Utami, M.Sc., Deliza, M.Si., dan Try Susanti, M.Si. Kunjungan ini sekaligus magang di LPH LPPOM-MUI Provinsi Jambi. Kegiatan audit halal 30 UMKM berlangsung dari 16-19 November 2021.

Auditor halal UIN Sutha dibimbing dan diarahkan dengan sangat baik oleh Auditor senior LPH LPPOM-MUI yang berjumlah 6 orang. Proses magang auditor ini bertujuan untuk upgrade kemampuan auditor sebelum LPH Sutha berdiri dan diakreditasi oleh BPJPH.

Menurut sekretaris pusat kajian halal UIN Sutha. “Proses audit halal yang dilakukan sangat lancar karena seluruh UMKM telah mengikuti pendampingan jauh sebelum proses audit ini,”jelas Utami.

Tujuan pendampingan yang dilakukan oleh BI perwakilan Provinsi Jambi dan UIN STS Jambi tidak hanya memperoleh sertifikat halal saja. Tetapi juga pemahaman pelaku UMKM wajib memahami makna Halal dan thayyib itu sendiri.