BAPPENAS Cek Kesiapan Gedung SBSN 6in1, Deputi yakin UIN Jambi jadi Kampus Favorit.

BAPPENAS Cek Kesiapan Gedung SBSN 6in1, Deputi yakin UIN Jambi jadi Kampus Favorit.

HUMAS UIN SUTHA – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (BAPPENAS RI) lakukan kunjungan dan progres pembangunan Gedung Kampus II UIN SUTHA (04/04/22).

Kunjungan ini diawali dengan peninjauan langsung pembangunan gedung oleh Dr. Ir. Subandi Sardjoko, M.Sc selaku Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Kementerian PPN/BAPPENAS serta Tatang Muttaqin, Ph.D selaku Direktur Pendidikan Tinggi dan Iptek, Kementerian PPN/BAPPENAS dengan didampingi oleh Rektor dan jajaran pimpinan.

Menanggapi kunjungan dari Bappenas ini, Rektor merasa senang karena bisa meninjau langsung bersama dan menyaksikan pembangunan yang ada. Beliau juga mempresentasekan tentang paradigma transintegrasi ilmu yang sudah diterapkan di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi serta implikasinya terhadap profil alumni UIN yang berbeda dari perguruan tinggi lain sebagai pendukung dibukanya prodi-prodi tertentu.

Rektor juga menyampaikan rencana pengembangan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi secara umum, diantaranya dengan akan dibukanya sejumlah Prodi yakni Prodi Kedokteran, Arsitektur, Statistika, Sains Informasi Geografis, Biologi dan Halal Tourism serta Bisnis Digital.

Disamping itu Rektor juga menyampaikan rencana pendirian Rumah Sakit, Lembaga Konservasi Taman Satwa, SUTHA Sport Center serta juga akan melakukan peningkatan kualitas SDM untuk pengelola gedung dari SBSN ini dengan memberikan pelatihan kepada karyawan yang mengelolanya untuk mendukung peranking dunia.

Diakhir sambutannya, beliau juga menyampaikan bahwa eks gedung-gedung kuliah dan perkantoran fakultas akan dimanfaatkan sebagai sarana peningkatan pendapatan BLU selain UKT melalui pengembangan berbagai bisnis terkait. Laporan dari MK semua Gedung akan selesai siap pakai sebelum akhir tahun 2022. Direktur dan Deputi menyarakan supaya pembangunan pagar sebaikanya dimasukkan ke dalam addendum yang sedang dilaksanakan mengingat pentingnya keamanan pasca selesainya pembangunan Gedung SBSN.

Setelah itu, rapat ini dilanjutkan dengan laporan progres pembangunan dari pihak Waskita kepada Rektor dan Bapennas. Dalam laporan ini pihak Waskita menyampaikan informasi tentang progres pembangunan gedung dan jalan. Pembangunan jalan dilingkungan kampus ini terbagi kedalam 4 tipe. Tipe ini digunakan untuk membedakan tiap jenis dan lebar jalan; tipe A dengan luas 12 meter akan dibangun dari gerbang hingga ke depan pintu utama gedung perkuliahan, tipe B: 10 meter dibangun dari samping Auditorium Chatib Quzwain hingga Masjid Ash-Shahabah, tipe C: 8 meter dibangun di depan Fakultas Syariah hingga Ringroad dan tipe D: 7 meter akan dibangun di depan jalur keluar kampus.

Deputi dari Bappenas menyampaikan bahwa UIN Jambi ini merupakan kampus yang mendapatkan bantuan SBSN terbesar diantara 6 UIN lainnya yang sama-sama mendapatkan bantuan percepatan pembangunan SBSN 6in1. Tentu dengan adanya gedung perkuliahan yang akan semakin representatif ini diharapkan ikut mampu mendukung prioritas pembangunan Indonesia, terutama pembangunan manusia. Perkembangan pembangunan kampus UIN hari ini diyakini oleh Deputi akan menjadi kampus favorit di Jambi. Akan tetapi beliau tetap berpesan agara UIN tidak perlu bangga dengan hal itu, ada aspek-aspek lain yang perlu diperhatikan seperti bidang khusus/keahlian apa yang membedakan lulusan UIN dan berapa besar daya serap lulusan kita terhadap dunia kerja.

Selanjutnya, Deputi Bappenas juga memberikan tanggapan positif terkait persiapan Fakultas Kedokteran UIN Jambi, dengan adanya Fakultas ini diharapkan UIN juga bisa ikut terlibat membantu mengurangi stunting dan disparitas dalam bidang kesehatan di Jambi. Beliau berpesan UIN juga harus segera menyiapkan program studi kesehatan masyarakat sebagai pelengkap untuk pendirian Fakultas Kedokteran.

Serupa dengan yang disampaikan oleh Deputi Bappenas, Direktur Pendidikan Tinggi dan Iptek Bappenas juga mengatakan, UIN perlu melakukan pembangunan selain infrastruktur. Perlu juga pembangunan dan pengembangan dari sisi lain, seperti pengembangan pembelajaran berbasis project based learning, inovasi perkuliahan dan bisa juga menjadi kampus yang unggul dalam penelitian atau kampus dengan keunggulan local wisdom ucapnya.

Menaggapi hal tersebut, Deputi dan Bapak Direktur menyampaikan apresiasi dan memberikan dukungan terhadap pengembangan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi di bawah kepemimpinan Rektor saat ini.

____________________________
Jurnalis Foto: Suwedy, S.Kom
Editor: Maulana Abdul Ghaffar, S.IP
Redaktur: Azizi, S.Kom., M.Si