Deskripsi

Berdasarkan Undang-undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi menyatakan bahwa tujuan diselenggarakannya pendidikan tinggi adalah:

(1) berkembangnya potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, trampil, kompeten, dan berbudaya untuk kepentingan bangsa;

(2) dihasilkannya lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dan/atau teknologi untuk memenuhi kepentingan nasional dan peningkatan daya saing bangsa;

(3) dihasilkannya ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora agar bermanfaat bagi kemajuan bangsa serta kemajuan peradaban dan kesejahtaraan umat manusia; dan

(4) terwujudnya pengabdian kepada masyarakat berbasis penalaran dan karya penelitian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Memperhatikan kondisi ekonomi masyarakat Indonesia yang sebagian besar masih lemah, dan dilengkapi adanya dampak krisis ekonomi saat ini, tentu sangat berpengaruh terhadap akses untuk memperoleh pendidikan, khususnya di perguruan tinggi. Oleh karenaya Sebagai komitmen dalam membantu pemerintah dalam mengentaskan dan meningkatkan sumber daya manusia di bidang pendidikan  Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi bersinergi dengan Bank Indonesia Cabang Jambi menjalin kerjasama dengan memberikan beasiswa Bank Indonesia kepada mahasiswa UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

 

Persyaratan

  • Pendaftaran online pada website: https://uinjambi.ac.id/beasiswa-bi/
  • Mahasiswa Aktif Program Starata Satu (S.1) pada Semester IV (empat) dan VI (enam) Tahun Akademik 2020/2021, minimal telah menyelesaikan 40 SKS, dengan ketentuan sebagai berikut;

Program Studi, meliputi :

1) Ekonomi Syariah (ES)7) Hukum Tatanegara (HTN)
2) Perbankan Syariah (PS)

3) Akuntansi Syariah (AS)

4) Manajemen Keuangan Syariah (MKS)

8) Hukum Keluarga  (HK)

9) Hukum Pidana Islam (HPI)

10) Hukum Ekonomi Syariah (HES)

5) Komunikasi & Penyiaran Islam (KPI)11) Tadris  Matematika (MTK)
6) Ilmu Pemerintahan (IP)12) Teknologi Informasi (Saintek)
  • IPK minimal 3,00 (tiga koma nol) pada skala 4,00 (empat koma nol)
  • Berusia maksimal 23 tahun atau belum berusia 24 tahun pada saat ditetapkan sebagai penerima beasiswa
  • Tidak sedang menerima beasiswa dan atau berada dalam status bekerja/ikatan dinas pada instansi/lembaga negeri ataupun swasta.
  • Tidak termasuk sebagai Mahasiswa Penerima Batuan Penyelesaian Tugas Akhir/Penulisan Skripsi, Beasiswa Bank Indonesia (BI), Peningkatan Prestasi dan Akademik (PPA), Tahfidz Al Qur’an, Bantuan Pendidikan BSM, serta bukan penerima Beasiswa Bidikmisi On Going UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi pada Tahun 2021.
  • Bersedia untuk Berperan Aktif, mengelola dan Mengembangkan Komunitas Mahasiswa Penerima Beasiswa Bank Indonesia, serta berpartisipasi pada semua kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia.
  • Ukuran kertas berkas beasiswa adalah Kertas HVS Ukuran F4 (Folio).
  • Mengisi Formulir dan Biodata Beasiswa Bank Indonesia, ditulis tangan dengan huruf Kapital (tinta hitam) yang rapi dan jelas.
  • Menempelkan pas photo warna 3 x 4 cm pada formulir, memakai Jas Almamater (dilarang foto selfie).
  • Surat Pernyataan yang ditandatangani diatas materai Rp. 6000,-(enam ribu), dan tertulis 10 point pernyataan.
  • Fotocopy Kartu Mahasiswa (KTM) & Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku (difotocopy pada satu kertas).
  • Fotocopy Slip Bank Pembayaran UKT Semester Ganjil Tahun 2021, dilegalisir yang ditandatangani dan distempel oleh Bendahara Penerima UIN STS Jambi.
  • Fotocopy KHS semester 1 s/d terakhir dilegalisir (ditanda tangani oleh Wakil Dekan I (satu), bernomor, tanggal dan berstempel asli/basah)
  • Personal Resume dan Motivation Letter (dalam bahasa Indonesia).
  • Surat Rekomendasi dari 1 (satu) tokoh, pada Bidang Akademik (Wakil Dekan III Fakultas) dan Bidang Non Akademik, Ketua RT, Lurah/Kepala Desa, Camat, dll), surat berkop, bernomor, tanggal dan berstempel asli/basah.
  • Mempunyai Pengalaman menjalankan Aktivitas Sosial yang memiliki dampak kebermanfaatan bagi masyarakat, dibuktikan dengan Surat Keputusan dari lembaga/instansi pemerintah, masa berlaku 2 (dua) tahun terakhir.
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK) yang Benar dan Jelas
  • Berasal dari Latar Belakang Ekonomi Keluarga Tidak Mampu (Keluarga Pra Sejahtera), dengan melampirkan;
    1. Surat Keterangan Tidak Mampu dan Penghasilan, ditanda tangani oleh Kepala/ Sekretaris Desa/Lurah tempat tinggal orang tua Tahun 2021 (Surat berkop, bernomor, tanggal dan berstempel asli/basah).
    2. Melampirkan Slip Gaji bulan terakhir Tahun 2021 bagi orang tua yang bekerja sebagai Karyawan Swasta dan Honor dengan penghasilan tetap.
    3. Melampirkan Kartu Pengaman Sosial (KPS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Keluarga Sejahtera (KPS), Jamkesmas dsb
    4. Surat Keterangan Kesehatan Bebas dari Narkoba (obat-obatan terlarang) dari Klinik Sulthan UIN STS Jambi.
    5. Fotocopy Tabungan Bank Syariah Indonesia atas nama mahasiswa yang bersangkutan (halaman bagian identitas penabung

 

Perkiraan Waktu Pembukaan

Bulan Februari s.d Maret 2021

 

Link Website Pemberian Beasiswa/Link Website Beasiswa

https://uinjambi.ac.id/beasiswa-bi/ atau IG: bank_indonesia_jambi