BPJPH PUSAT LAKUKAN VISITASI PADA LPH UIN SUTHA

BPJPH PUSAT LAKUKAN VISITASI PADA LPH UIN SUTHA

HUMAS UIN SUTHA Badan Pengelola Jaminan Produk Halal (BPJPH) dari Kementerian Agama RI melakukan Visitasi dan Akreditasi terhadap calon Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) UIN SUTHA Jambi (31/05/22).

 

Pada saat menyampaikan sambutan, Ibu Fertiana Santy selaku perwakilan BPJPH menyampaikan bahwa pendirian LPH ini merupakan program dari pemerintah pusat sebagai salah satu langkah untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat wisata halal di Asia.

 

Pihak BPJPH melaporkan dalam satu bulan yang lalu sudah ada 8 LPH yang mendapatkan izin pelaksanaan untuk melakukan pemeriksaan produk halal. Saat ini juga sudah ada 11 LPH yang terakreditasi se-Indonesia. Serta saat ini ada 22 LPH yang sedang mengajukan akreditasi.

 

 

Melalui sambutan ini juga pihak BPJPH menyampaikan apresiasinya terhadap usaha-usaha yang diberikan oleh pihak LPH UIN secara optimal untuk mempersiapkan proses asesmen ini.

 

 

Dengan proses asesmen ini nantinya jika dinyatakan layak beroperasi, maka LPH UIN Jambi akan ikut menjadi pendukung penyelenggara program utama BPJPH dalam menghasilkan 10 juta sertifikasi halal bagi seluruh pelaku usaha di Indonesia sampai 2024 nanti. Akan sangat banyak yang perlu dilakukan seperti sosialisasi dan bimbingan kepada UMKM agar bisa mendapatkan sertifikasi halal pada usahanya, karena sampai saat ini baru tercapai 50.000 sertifikat halal. Hal ini tentunya ditargetkan untuk UMKM sampai 2024 nanti.

 

 

disinilah peran LPH-LPH untuk mewujudkan ini. Karena hal ini juga menjadi fokus dari Presiden, Wakil Presiden dan Menteri Agama untuk menjaga kualitas pangan dan produk olahan makanan yang diolah masyarakat agar bisa bersaing dan bertambah nilai jualnya dengan adanya standarisasi produk halal.

 

 

Ketua LPH SUTHA UIN Jambi Drs.Tarmizi, M.Ag mengatakan Ini adalah langkah mulia untuk mengaplikasikan perintah Al-Quran tentang produk halal. Ini sebagai langkah awal bagi UIN untuk ambil andil dalam menjamin kualitas produk halal.

 

Berdasarkan info yang diketahui oleh Ketua LPH UIN saat beliu menjabat sebagai pengurus MUI Provinsi Jambi sudah ada 400 – 500 UMKM di Kota Kota Jambi yang tersertifikasi halal. Tapi produk yang perlu mendapatkan sertifikasi halal bukan hanya di Kota Jambi saja, hal ini juga perlu terjangkau hingga di daerah-daerah.

 

Kita meyakini bahwa kesadaran masyarakat sudah bertumbuh, kita pelan-pelan akan terus membina masyarakat agar
memperhatikan produk yang dikonsumsi memiliki label halal.

 

Menyambung sambutan tersebut, Kepala Biro AAKK mengucapkan selamat datang kepada tim assesor LBH yang terdiri dari; Prof.Ir. Indra Surya, M.Sc., Ahmad Ishomuddin, M.Ag., Arini Widyastuti., Bisma Khairil Fadil dan Fertiana Santy.

 

Kepala Biro AAKK menegaskan kembali sambutan Rektor pada saat silaturahmi bersama tim assesor dari BPJPH bahwa dengan akan lahirnya LPH di UIN ini pasca diasesor nanti kita harapkan dapat mendukung program pemerintah dalam program jangka panjang menengah untuk mencapai target 10 juta sertifikasi halalsampai 2024.

 

Kehadiran LBH ini sudah menjadi harapan bagi warga Provinsi Jambi dan warga muslim khususnya. Berdasarkan data penelitian dan survey singkat yang dilakukan pusat kajian halal UIN bahwa dalam 2 hari saja ada 300 UMKM yang mendaftarkan usahanya untuk mendapatkan sertifikasi halal. Itu artinya hal ini memang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Jambi, ucap Kepala Biro AAKK.

 

_____________________________________________________
Redaktur: Azizi, S.Kom., M.Si
Editor: Maulana Abdul Ghaffar, S.IP