Fakultas Syariah Tutup Secara Resmi Kompetisi Internasional Antar Negara Melayu Serumpun

Fakultas Syariah Tutup Secara Resmi Kompetisi Internasional Antar Negara Melayu Serumpun

HUMAS UIN SUTHA – The First International Competition on Islamic Studies Undergraduate Student merupakan kompetisi internasional antar negara melayu serumpun yang dilaksanakan oleh Fakultas Syariah UIN SUTHA Jambi yang berlangsung pada 20 – 22 September 2022 (22/09/2022).

 

Kompetisi ini diikuti oleh Unifield Kolej Antar Bangsa Malaysia, Kolej As-Sofa Malaysia, Fakultas Syariah dan Fakultas Ushuluddin UIN SUTHA Jambi. Pelaksanaan kegiatan ini mempertandingkan 4 cabang lomba yakni; musabaqah tilawatil quran, qiraatil kutub, karya tulis dan poster.

 

Total peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 27 peserta dari 4 kampus yang mengikuti lomba ini. Sebenarnya masih ada 2 perguruan tinggi dari Thailand yang juga kita undang pada kompetisi ini, namun kampus Jamiah Islam Syekh Daud Al-Fatani (JISDA) dan Perguruan Tinggi Islam Darul Ma’arif (PETIDAM) berhalangan untuk mengikuti kegiatan ini dikarenakan keterbatasan komunikasi dengan pihak kampus di Thailand, ucap Mustiah R.H, S.Ag., M.H selaku ketua panitia.

u.

Dekan Fakultas Syariah mengatakan bahwa kegiatan ini bukan hanya sebagai ajang mengejar juara, tetapi ini juga sebagai sarana silaturahmi antar mahasiswa kita. Kompetisi ini menjadi bentuk kegiatan pertama kali, jadi pada kegiatan ini kita masih banyak meraba, mencari warna. Ke depan saya berharap kegiatan ini diterima tuan rumah oleh pihak lain. Jika memungkinkan Ushuluddin bisa menjadi tuan rumah kegiatan ini, atau tidak meutup kemungkinan pula bagi Kolej As-Sofa atau Unifield Malaysia.

 

Menutup sambutannya, Dekan menyampaikan harapannya pada kegiatan ini agar kedepannya menjadi sarana meningkatkan prestasi bagi mahasiswa di masing-masing kampus. Pada kegiatan pertama tahun ini, kedudukan Juara Umum diraih oleh Fakultas Ushuluddin Studi Agama dengan raihan 2 Emas, 2 Perak dan 1 Perunggu