Home / Berita Terbaru / BERITA / HMP PGMI Peringati Isra Mi’raj 1440 H

HMP PGMI Peringati Isra Mi’raj 1440 H

Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi memasuki periode baru.

pelantikan BPH HMP PGMI sekaligus dirangkai dengan pelaksanaan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1440 H. Pelantikan tersebut dihadiri oleh Ketua Prodi PGMI, Ketua Dema UIN STS Jambi, Sema Universitas, dan Ketua Dema Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Muhammad Sabri, alumni fakultas Dakwah didaulat menjadi penceramah dalam peringatan Isra Mi’raj 1440 H yang diselenggarakan HMP PGMI.

Muhammad Sabri menyampaikan materi dengan sangat komunikatif dan diselingi dengan gurauan dan interaksi dengan mahasiswa, hal tersebut menjadikan mahasiswa menjadi aktif dan semangat mendengarkan ceramah Beliau.

Ia menjelaskan bahwa Isra dan Mi’raj terdiri dari dua rangkaian peristiwa yang dapat dilihat dari dua surat. Isra yang merupakan perjalanan nabi dari Mekkah ke Baitul Maqdis (Palestina) dan Mi’raj dicantumkan Allah di surat An-Najm yang merupakan rangkaian perjalanan nabi sampai ke Sidratul Muntaha.

Sabri menambahkan, di dalam hidup ini ada yang rasional dan irrasional. Rasional ketika sesuatu bisa diterima logika, sedangkan irrasional, ketika sesuatu tidak masuk akal dan diterima logika.

“Memahami Isra Miraj termasuk yang tidak masuk akal, tidak bisa diterima akal. Karena jarak yang ditempuh bukanlah tempat yang dekat, apalagi sampai naik ke langit, bagaimana mungkin?tetapi Allah menjadikan itu nyata adanya, dan sebai muslim kita juga harus menyakininya dengan ilmu,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sabri menyampaikan, yang terpenting dari Isra Miraj adalah perintah shalat.”Satu hal yang penting dari perjalan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW adalah perintah shalat. Sebelum shalat 5 waktu yang kita jalankan saat ini, awalnya Allah memerintahkan sebanyak 50 waktu shalat. Setelah bernegoisasi, karena kekhawatiran Rasululullah pada umatnya apakah sanggup menjalankan shalat sebanyak itu,”ujarnya,

Jadi tujuan akhirnya adalah kita mampu memelihara shalat, karena melalui ibadah shalat kita bisa berkomunikasi dengan Allah.

About syafitri

Check Also

Peringati Milad ke-13 Pendidikan Fisika Berbagi Di Panti Asuhan

Memperingati milad ke-13, Sabtu (14/04) kemarin, Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan …