Home / Berita Terbaru / Olimpiade Biologi tingkat SMA/MA Se-Provinsi Jambi

Olimpiade Biologi tingkat SMA/MA Se-Provinsi Jambi

Tadris Biologi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi kembali selenggarakan Olimpiade Biologi se-Provinsi Jambi  tingkat SMA/MA sederajat dengan mengusung Tema “Menjadikan Generasi Bangsa yang Cerdas Berakhlakul Karimah Serta Berkompetensi  dalam Dunia Sains” dilakasanakan di Auditorium Chatib Quzwain, Selasa (06/11).

Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor III Dr. Fadlillah M.Pd, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. Kemas Irsyadi M.Pd, Ketua Prodi Biologi Reni Sapita S.Pd., M.Pd, Dosen Biologi, dan juga Dewan Eksekutif Mahasiswa. Acara ini pun mendapat dukungan dan apresiasi dari Wakil Dekan III Fakultas Tarbiah dan juga Wakil Rektor III UIN STS Jambi.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan kami menilai terjadi progres dalam kegitaan ini, dan mengalami peningkatan yang luar biasa dari tahun sebelumnya .” Tutur Wakil Dekan III Fakultas Tarbiyah Dr. H. Kemas Irsyadi M.Pd dalam sambutannya.

Acara ini adalah salah satu  agenda tahunan dan ini merupakan  tahun kesembilan dilaksanakannya olimpiade dari Tadris Biologi yang dilaksanakan selama 2 hari, dari hari Selasa sampai Rabu. Tujuan diselenggrakan Olimpiade ini yaitu untuk menyalurkan bakat dan minat para siswa/i dalam bidang ilmu biologi.

Seperti yang diungkapkan oleh Ketua Panitia Nur Musidawati Dalam olimpiade kali ini terdapat tiga babak penyisihan, yaitu babak pilihan ganda, soal uraian, dan terakhir praktikum mandiri. Dalam babak penyisihan soal pilihan ganda mereka mengisi  100 soal pilihan ganda, dan dari tes pilihan ganda ini akan diambil 30 besar untuk melanjutkan ke babak selanjutnya.  Kemudian dalam babak berikutnya dengan soal uraian, 30 peserta tersebut diambil 20  peserta untuk kebabak terakhir dalam merebutkan juara 1, 2, dan 3 serta Harapan 1 dan 2.

Lebih lanjut Ketua panitia juga menyampaikan bahwa Olimpide kali ini adalah Olimpiade dengan  jumlah peserta terbanyak  yaitu 154 peserta, diikuti oleh  30 Sekolah dari  7 kabupaten se-Provinsi Jambi .   Dalam hal ini seperti yang diungkapkan oleh ketua panitia Nur Musidawati  setiap sekolah diharapkan untuk mengirim siswanya mengikuti olimpiade ini minimal 2 orang peserta.  “kalau setiap sekolah itu minimal mengirimkan 2 peserta dan paling banyak itu 16 peserta satu sekolah.” Ucap Nur Musidawati.

Acara ini dibuka langsung secara resmi oleh Wakil Rektor III Dr. Hj. Fadlillah, M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan sebagai generasi muda yang memiliki semangat tinggi untuk berkompetisi, tentu saja olimpiade ini adalah salah satu bentuk ajang latihan. Selain itu juga beliau mengucapkan selamat bertanding dan berharap tahun-tahun berikutnya olimpiade ini lebih baik dan lebih semarak untuk kedepannya. “Untuk siswa siswi selamat bertanding dan semoga tahun-tahun berikutnya tambah semarak dan ada temuan-temuan baru yang dapat dikembangkan dan dipelajari untuk pelaksanaan olimpiade biologi berikutnya” ucapnya.

Disamping itu juga Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Tadris  Biologi Yesi Adriani menyampaikan harapannya untuk peserta agar tetap semangat dan menjujung tinggi sportivitas dalam mengikuti olimpiode Biologi ini. “Harapan kami kepada peserta tetap semngat dalam berjuang dan menjunjung tinggi sportivitas” ungkapnya.

About syafitri

Check Also

THE ELEVENT AL-JAMI’AH FORUM & CONFERENCE RESMI DIBUKA

Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat bekerjasama dengan …