Konsulat Jenderal Amerika Serikat Apresiasi Komitmen UIN STS Jambi Wujudkan Pendidikan Inklusif bagi Disabilitas

UIN Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi menjadi tuan rumah kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Peranan Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan Pendidikan dan Lingkungan yang Inklusi Disabilitas”. Kegiatan ini merupakan rangkaian Kegiatan D-Action (Disability, Accessibility and Inclusion) in Jambi 2024. Acara berlangsung di Ruang Amphitheater, GMPU Kampus UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, pada Hari Rabu 15 Mei 2024.

Acara yang diadakan oleh Pusat Gender, Anak, dan Disabilitas, LPPM bekerjasama dengan Yayasan Swagabilitas tersebut dibuka resmi oleh Rektor UIN STS Jambi, Prof As’ad, M.Pd. Dalam acara menghadirkan Molly Kimmel dari MonTECH, University of Montana-Amerika Serikat, sebagai pembicara utama dan dihadiri oleh Konsul Jenderal Amerika Serikat untuk wilayah Sumatera, Bernard Uadan.

Dalam sambutannya, Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. Asad, M. Pd., menyampaikan pentingnya peran universitas dalam membentuk karakter dan kemampuan mahasiswa untuk menghadapi tantangan masa depan dan berharap adanya kolaborasi. Hal ini juga senada dengan Bernard yang mengapresiasi kegiatan dan berharap kerjasama pemerintah Indonesia dan Pemerintah Amerika akan terus berkembang, dalam mengembangkan pendidikan inklusi.

Menurut Nisaul Fadillah, selaku Koordinator Pusat Gender, Anak dan Disabilitas UIN Jambi, acara ini menjadi media sharing pengalaman dan komitmen UIN Jambi terkait pengelolaan layanan disabilitas oleh kampus yang bermanfaat bagi komunitas yang lebih luas. Acara dihadiri oleh sejumlah undangan antara lain dari pejabat kampus UIN STS Jambi, pengurus dan anggota Swagabilitas, mahasiswa difabel, dosen, tenaga kependidikan, praktisi dan sejumlah volunteer yang concern dengan isu-isu disabilitas.

Molly Kimmel, Direktur MonTECH di University of Montana-Amerika, berperan sebagai pembicara utama. Dengan pengalamannya yang luas dalam teknologi asistif, ia memberikan wawasan baru bagi pengguna disabilitas dalam pemanfaatan teknologi untuk kebutuhan sehari-hari dan terutama untuk mendukung proses pembelajaran. Dalam kesempatan tersebut juga Molly dan sejumlah peserta diantar dengan buggy car mengelilingi kampus UIN STS Jambi Kampus Mendalo.

Acara dirangkaikan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoA) antara UIN Jambi dan Yayasan Swagabilitas, yang menandai langkah penting menuju upaya kolaboratif dalam pendidikan inklusif. Penandatanganan MoA ini merupakan bukti komitmen dan kepedulian UIN STS Jambi. Kerjasama masa depan dengan University of Montana akan diformalkan seiring dengan kemajuan kegiatan-kegiatan bersama. (*)