Home / Berita / Kuatkan Ketahanan Keluarga, PSGA Gelar Seminar Nasional

Kuatkan Ketahanan Keluarga, PSGA Gelar Seminar Nasional

Kaum perempuan memiliki peran sangat penting, karena hampir seluruh kegiatan selalu melibatkan kaum perempuan. Untuk itu seorang ibu harus mampu mendidik anak-anaknya dengan baik, sehingga mampu membentengi masuknya paham radikalisme dalam keluarga.

Demikian disampaikan oleh Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi saat pembukaan seminar nasional gender dan anak, Kamis (30/8) kemarin.

Seminar yang digagas oleh Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) mengusung tema ketahan keluarga, perlindungan perempuan dan anak dari radikalisme. Diikuti kurang lebih 150 peserta dari organisasi perempuan di Provinsi Jambi serta dosen UIN STS Jambi.

Untuk memberikan pemahaman yang baik kepada peserta, LP2M menghadirkan Lies Marcoes Natsir, MA., peneliti dan Direktur Rumah Kitab Bersama menjadi narasumber.

“Kita menghadirkan Lies Marcoes Natsir, MA., sebagai narasumber, karena beliau memiliki pemahaman yang sangat baik tentang perempuan, anak dan radikalisme. Apalagi peserta kita terdiri dari ibu-ibu di lingkup UIN STS dan organisasi perempuan di Provinsi Jambi,”jelas Illiyanti, Ketua LP2M.

Lies Marcoes Natsir, MA., mengatakan perempuan mempunyai peranan penting dalam tumbuh kembang gerakan radikal. Perempuan yang dinilai masyarakat lemah dan lembut sering dianggap tidak mungkin terlibat dalam gerakan radikalisme.

“Perempuan yang dinilai masyarakat lemah lembut, begitu mudah dipengaruhi dan ini bergantung pada cara perempuan membaca kondisi,”jelasnya.

Namun begitu, Lies mengingatkan, bahwa pendidikan dini kita juga harus dipahami, apakah hanya mengajarkan pendidikan dasar atau sudah menjurus pada radikalisme, karena perempuan dan anak rentan ikut dalam gerakan radikalisme.

“Semua bisa terjadi, tetapi, perempuan juga bisa menjadi agen penangkal jika mampu mengawasi dan bertindak kepada anak, dan suami. Karena perempuan lah yang bisa mendekatkan anggota keluarga,” katanya.

About syafitri

Check Also

UIN STS Gelar Sosialisasi Tata Persuratan

Bagian Administrasi dan Umum Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi, Senin (3/9) …