Kuliah Umum Pascasarjana : Strategi Penyelesaian Studi

Kuliah Umum Pascasarjana : Strategi Penyelesaian Studi

Menyambut tahun perkuliahan ajaran baru Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menggelar Kuliah Umum secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dengan diikuti lebih dari 200 peserta, senin (27/9).
Kegiatan kuliah umum dengan tema “Budaya Menulis Dan Strategi Penyelesaian Studi Pada Masa Pandemi Covid-19” ini menghadirkan Prof. Dr. Hj. Siti Fatimah M.Pd Guru besar Manajemen Pendidikan Islam UIN Raden Intan Lampung sebagai narasumber.

Dalam sambutannya sekaligus membuka Kuliah umum secara virtual Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Prof. Dr. H. Su’aidi MA., Ph.D mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru.
“ Tema ini menarik karena sesuai dengan yang dibutuhkan mahasiswa. Banyak mahasiswa mengalami kesulitan menyelesaikan studi karena terhambat dalam menulis tesis maupun disertasinya”ucapnya. Ia juga mengharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa terutama dalam penulisan karya ilmiah yang orisinil serta untuk membantu menyelesaikan perkuliahan tepat waktu.

Kegiatan ini adalah salah satu bentuk realisasi MoU antara prodi Manajemen Pendidikan Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dengan UIN Raden Intan Lampung. Tidak hanya diikuti mahasiswa S2 dan S3 UIN Jambi Kuliah umum ini juga diikuti oleh mahasiswa pascasarjana UIN Raden Intan Lampung.
“Menulis adalah sebuah keberanian” ucap Prof. Siti Fatimah saat memaparkan materinya tentang kiat sukses menulis dan menyelesaikan studi di masa pandemi. Menurutnya, sebagai mahasiswa kita harus mengubah mindset bahwa menulis itu mudah namun banyak mahasiswa yang belum berani menuangkan ilmu dan pemikirannya ke dalam sebuah tulisan dan belum membiasakannya. Sehingga dibutuhkan keberanian dalam menulis dan menulis dapat dilatih dengan melihat dari berbagai referensi.