Langkah Pertama Menuju Umkm Berbasis Halal: Wujud Pengabdian FEBI UIN Sutha Jambi

Langkah Pertama Menuju Umkm Berbasis Halal: Wujud Pengabdian FEBI UIN Sutha Jambi

Titin Agustin Nengsih, S.Si., M.Si., Ph.D bersama Dosen FEBI, Sri Rahma, M.E, Nurfitri Martaliah, M.E.K dan Yuliana Safitri, M.Si menghadiri acara pembukaan Bloc Market Citra Raya City Jambi sekaligus melakukan sosialisasi sertifikasi halal self declare untuk membantu mendapatkan Sertifikat Halal bagi para Pelaku UMKM Jambi, Sabtu (21/5).

Sosialisasi yang dilakukan di Bloc Market Citra Raya City Jambi merupakan tempat yang tepat karena pada Bloc Market Citra Raya City banyak memasarkan produk-produk yang dihasilkan para UMKM. Sosialisasi ini adalah bentuk kerjasama oleh Bunda Irina Safitri yang merupakan pemilik UMKM Rumah Kreatif NekNo dengan menghadirkan para Pelaku Usaha dari UMKM yang mengatas namakan grup EMAK-EMAK BERKAH. UMKM ini menjual berbagai makanan dan minuman, seperti Frozen Food, Coffe Jambi, Cokelat Ne’no, Pempek dan Lainnya.

Salah satu pengabdian FEBI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi adalah mendampingi para pelaku usaha mikro dan kecil yang ingin mengurus sertifikat halal untuk produk mereka. Adapun poin penting dalam pengurusan sertifikasi halal ini diwajibkan memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dan juga beberapa dokumen yang harus disiapkan.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat meningkatkan animo pelaku UMKM untuk segera mendaftarkan usahanya bersertifikat halal guna meningkatkan daya saing serta terjamin kehalalan produk.