Mahasiswa Prodi Kimia Ikuti Internship di BATAN Serpong

Mahasiswa Prodi Kimia Ikuti Internship di BATAN Serpong

Humas UIN Jambi – Prodi Kimia Fakultas Saintek UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi mengirimkan 3 orang mahasiswa untuk mengikuti program internship atau magang ke Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Kawasan Puspitek Serpong, Tangerang Selatan.

Kegiatan magang atau praktek kerja mahasiswa ini dilepas langsung oleh Ketua Prodi Kimia, Badariah, M.Pd, pada Jum’at (29/07/2022). Tiga orang mahasiswa Prodi Kimia, yaitu Galih Eka Aurellia, Aan Nuraini dan Atia Balqis ini diantar dan diserahkan langsung oleh Syukria Ningsih, M.Si selaku Dosen Pembimbing Magang di Gedung 20 Puspitek Serpong pada Senin (01/08/2022) untuk mengikuti magang selama 2 bulan ke depan.

Hadir pada kesempatan ini, mewakili Kepala Pusat Riset Teknologi Daur Bahan Bakar Nuklir dan Limbah Radioaktif – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Ilham Bayquni, MT, Deni Mustika, M.Si dan Trislawati, M.Si.

Syukria Ningsih, M.Si mengatakan bahwa dalam rangka memenuhi kewajiban kurikulum dan peningkatan keterampilan mahasiswa S1 Prodi Kimia, maka pada semester akhir mahasiswa diwajibkan untuk melaksanakan magang atau praktek Kerja pada instansi atau institusi yang sesuai dengan bidang kimia.

“Magang atau Praktek Kerja adalah kegiatan pembelajaran yang memberikan wawasan dan pengalaman nyata dan praktis kepada mahasiswa di bidang kimia di luar lingkup perguruan tinggi. Dalam kurikulum Prodi Kimia, kegiatan magang ini mempunyai muatan 4 SKS. Atas nama UIN STS Jambi, Kami haturkan banyak terima kasih kepada BATAN-BRIN yang telah berkenan menerima mahasiswa untuk magang di sini. Mohon bimbingan bagi mahasiswa kami selama magang disini,” ujarnya saat menyerahkan mahasiswa magang.

Sementara itu mewakili Kepala Pusat Riset Teknologi Daur Bahan Bakar Nuklir dan Limbah Radioaktif – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN),  Ilham Bayquni, MT  menerima dan menyambut baik kedatangan mahasiswa magang dari UIN Jambi. Bayquni mengatakan salah satu layanan BATAN-BRIN adalah permagangan mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

“Saat ini BATAN sudah terintegrasi ke dalam BRIN akan tetap membantu dan melayani permagangan mahasiswa serta kerja sama di bidang riset dengan perguruan tinggi. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di bidang nuklir, bahan bakar atau limbah, khususnya di Pusat Riset Teknologi Bahan Bakar Nuklir dan Limbah Radioaktif  BRIN yang dapat dijadikan bahan kajian ilmiah,”ungkap Bayquni .