Mahasiswa UIN Jambi Kembali Meraih Prestasi Nasional

Mahasiswa UIN Jambi Kembali Meraih Prestasi Nasional

HUMAS UIN SUTHA – Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN SUTHA Jambi mendampingi Fahrazi mahasiswa berprestasi yang telah meraih Juara 1 Nasional Tarung Bebas yang memperebutkan piala Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (KEMENPORA RI) dan 2 orang juara Duta Bahasa Provinsi Jambi Ahmad Zaed Abdul Aziz dan Bintang Cikhar Hammada bertemu dengan Rektor (13/06/22).

 

 

Zaed dan Bintang, keduanya merupakan mahasiswa Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Adab & Humaniora. Mereka menjadi juara pada pemilihan Duta Bahasa Provinsi Jambi. Bintang terpilih menjadi juara favorit dan Zaed terpilih menjadi juara umum. Bintang ketika diwawancarai mengatakan bahwa ada beberapa aspek penilaian seperti kemampuan Bahasa Indonesia, kemampuan Bahasa Asing dan kemampuan Bahasa Daerah yang harus mereka kuasai. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari pemilihan duta bahasa, sebelumnya kami tidak pernah mengikuti lomba seperti ini. Bagi kami yang penting adalah pengalaman dan juara hanya bonus. Zaed juga meminta doa dan dukungan dari kampus, baik Rektor maupun Dekan agar bisa memberikan support melanjutkan perjuangan menjadi Duta Bahasa Nasional di Jakarta dalam waktu dekat ini, ucap Zaed.

 

 

Selain kedua duta bahasa yang teleh mengharumkan nama kampus di Provinsi Jambi, ada pula Fahrazi yang merupakan mahasiswa Program Studi Ilmu Hadis, Fakultas Ushuluddin & Studi Agama UIN Jambi dan telah 2 kali menjadi juara nasional pada lomba tarung bebas ini, ia pernah menjadi juara pada Kejuaraan Nasional yang diadakan oleh Pemerintah Daerah Purbalingga dan saat ini memenangkan Juara 1 Piala Kejuaraan Nasional Tarung Bebas yang dilaksanakan oleh KEMENPORA RI di Wonosobo . Motivasi bagi Fahrazi untuk giat berlatih salah satunya karena didikan dari pelatihnya dahulu ketika belajar dengan IPTU Taroni Zebua yang cukup mengasah mental dan disiplin. Selain berkuliah dan berlatih tarung bebas, Fahrazi juga menjalankan usahanya berjualan jengkol dari wilayah Kota Jambi hingga ke Muara Bulian dan Muara Tembesi.

 

 

Ketiga mahasiswa berprestasi ini mendapatkan apresiasi atas pencapaian yang telah didapatkan dan turut ikut mengharumkan nama baik kampus di Provinsi Jambi dan Nasional. Menanggapi prestasi yang dicapai ini, Rektor mengarahkan bagi ketiganya untuk ikut membina generasi selanjutnya di UIN Jambi untuk mempertahankan juara. Kita akan siapkan mereka ini skema untuk mendapatkan bebas biaya UKT atau Beasiswa, ucap Rektor.

Terkait dengan hal ini, Wakil Rektor III mengatakan bahwa memang pada tahun 2023 mendatang kita diberikan kesempatan menjadi tuan rumah bagi ajang Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) ke-III Se-Sumatera, didalamnya nanti akan ada satu cabang lomba tarung derajat, yang diyakini akan bisa menjadi salah satu cabang lomba yang kita unggulkan. Selain itu, capaian dari Zaed dan Bintang ini merupakan pengulangan sejarah. Terakhir kali kita menjadi juara pemilihan Duta Bahasa pada 8 tahun lalu di tahun 2013, pada tahun 2022 ini kita kembali menjadi pemenang, bahkan dua kategori sekaligus.

 

 

Merespon prestasi yang dicapai mahasiswa ini, Pihak Fakultas Adab dan Humaniora melalui Dr.Raudhoh,S.S.,M.Pd.I memberikan apresiasi kepada mahasiswanya yang telah menjadi duta bahasa ini dan mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak prodi yang telah memberikan dukungan. Kemenangan ini juga tidak lepas dari bimbingan dosen-dosen yang membina di fakultas, khususnya kepada Ketua, Sekretaris Prodi dan ibu Esy Solvera. Harapannya kepada Zaed dan Bintang agar tidak cepat puas dan bisa lebih giat lagi belajar untuk mempersiapkan diri menuju pemilihan Duta Bahasa Nasional nanti.

 

 

Selanjutnya pihak Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama melalui Dr. Masiyan, M.Ag juga memberikan apresiasi bangga atas diraihnya Juara Nasional piala juara 1 Kejuaraan Nasional Tarung Bebas KEMENPORA RI yang dicapai oleh Fahrazi. Secara umum anaknya memang terkenal aktif, bahkan dari awal sebelum kuliah juga sudah berkecimpung disitu, ini juga merupakan kemenangannya kesekian kali selama menjadi mahasiswa di UIN Jambi. Cukup religius dan komunikatif. Secara kelembagaan kita memang belum ada pembinaan secara khusus akan tetapi kita telah memberikan bantuan kepada Fahrazi pada saat mengikuti lomba yang diadakan KEMENPORA RI kemarin dan Alhamdulillah menang.

_____________________________________________________
Redaktur: Azizi, S.Kom., M.Si
Editor: Maulana Abdul Ghaffar, S.IP