Home / Berita Terbaru / BERITA / Manajemen Diri Melalui Shalat

Manajemen Diri Melalui Shalat

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menggelar  pertemuan rutin di aula lantai III, rektorat UIN STS Simpang Sungai Duren, Kamis (11/04).

Pertemuan bulan ini sedikit berbeda karena sekaligus memperingati Isra Miraj Nabi Muhhamad SAW. Tausiyah peringatan Isra’ Mi’raj diisi oleh Prof. Dr.  H. Ahmad Husein Ritonga, MA., Direktur Pascasarjana UIN STS Jambi. Beliau menyampaikan tentang hikmah Isra’ Mi’raj dan tips menenangkan diri melalui shalat.

“Peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang tiap tahun diperingati mempunyai makna penting, bukan sekedar peringatan atau tradisi semata,”ujar H. Ahmad Husen..

“Melalui momentum Isra Mi’raj ini, kita harus melihat kembali sejarah, sebelum Allah memerintahkan melakukan Isra’ Mi’raj, Rasulullah SAW mengalami begitu banyak cobaan dan kesedihan. Dimulai dari kesusahan karena embargo yang dilakukan kaum Qurais dan selanjutnya Rasulullah kehilangan dua orang yang sangat dicintainya, yaitu pamannya Abu Thalib dan istrinya Khadijah,” kata H. Ahmad Husein.

Atas cobaan yang bertubi-tubi tersebut, Allah memberi paket perjalanan kepada Rasulullah, yang kita kenal dengan Isra’ Mi’raj. Melalui peristiwa ini Rasulullah mendapat penghiburan dengan adanya perintah pelaksanaan shalat.

“Dengan adanya perintah shalat, membuat umat Rasulullah dapat memanajemen stress, karena melalui kepasrahan dalam memohon, hati kita kan menjadi tenang. Untuk itu senantiasa jaga wudhu kita dan upayakan shalat tepat waktu”ungkapnya.

 

 

About syafitri

Check Also

Peringati Milad ke-13 Pendidikan Fisika Berbagi Di Panti Asuhan

Memperingati milad ke-13, Sabtu (14/04) kemarin, Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan …