Home / Berita Terbaru / Moderasi Islam : Menangkal Radikalisme Berbasis Agama

Moderasi Islam : Menangkal Radikalisme Berbasis Agama

Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN STS Jambi, Kamis (13/9) menggelar kuliah umum di Auditorium Prof. Dr. H. Chatib Quzwein, Simpang Sungai Duren.

Mengusung tema ‘Moderasi Islam : Menangkal Radikalisme Berbasis Agama’, menghadirkan, Dr. Abas Mansur Tamam Dosen Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor sebagai narasumber. Kuliah umum ini diikuti 174 perserta yang terdiri dari mahasiswa baru Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, juga di ikuti dosen dan mahasiswa undangan.

“Kuliah umum ini sebagai sarana untuk membuka cakrawala dan mengubah pola pikir mahasiswa baru dari siswa menjadi mahasiswa, karena tanpa kita pungkiri pada masa awal menjadi mahasiswalah seharusnya pola pikir seorang mahasiswa itu dibentuk guna menciptakan lulusan yang terbaik di  masa yang akan datang,” jelas Rektor UIN STS Jambi, diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Prof. Dr. H. Su’aidi, MA. Ph. D. saat membuka kegiatan.

Dijelaskan Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Dr. H. A. Gaffar, M. Ag, kuliah umum ini dilaksanakan dengan tujuan agar mahasiswa baru dapat melihat moderasi keislaman secara baik.

“Sesuai dengan tema saya berharap mahasiswa dapat menerapkan moderasi islam, sehingga tidak terjadi perpecahan dan kelompok dalam islam, serta menghargai perbedaan, “harap Gaffar.

Dalam pemaparannya Dr. Abas Mansur Tamam menjelaskan tentang empat poin penting, yaitu apa itu moderasi islam, bagaimana menyikapi penganut agama lain, menyikapi aliran-aliran akidah islam, serta menyikapi Mazhab-mazhab fikih islam

About syafitri

Check Also

THE ELEVENT AL-JAMI’AH FORUM & CONFERENCE RESMI DIBUKA

Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat bekerjasama dengan …